umpalembang.ac.id

Fakultas Kedokteran UMPalembang Resmi Luncurkan Program Keluarga Binaan

Palembang, umpalembang.ac.id – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) resmi meluncurkan program Keluarga Binaan bagi warga di Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II kota Palembang, Sabtu (9/3).

Peresmian Program Keluarga Binaan FK UMPalembang dilakukan oleh Wakil Rektor IV UMPalembang Drs. Ruskam Suaidi, M.H.I., dan turut dihadiri Ir. Dasir, M.Si., Sekretaris Badan Pembina Harian, serta Dekan FK dr. Yanti Rosita, M.Kes.

Dalam laporanya dr. Asmarani Ma’mun, M.Kes., selaku ketua panitia menyampaikan bahwa ada banyak salah persepsi terkait adanya Klinik Dokter Keluarga (KDK) Fakultas Kedokteran UMPalembang bahwa khusus melayani civitas FK UMPalembang namun sudah bisa diberi pemahaman kepada masyarakat bahwa KDK terbuka untuk umum.

umpalembang.ac.id

“Mahasiswa FK dapat melakukan pembinaan keluarga bagi masyarakat di lingkungan Fakultas Kedokteran, meliputi edukasi persalinan menggunakan fasilitas kesehatan, bayi mendapatkan asupan gizi yang tepat dan sosialiasi gerakan masyarakat hidup sehat” ujarnya.

Lebih lanjut dr. Yanti Rosita, M.Kes., menuturkan, program Keluarga Binaan merupakan program kerja bersama puskesmas dalam meraih jangkauan layanan kesehatan masyarakat. Karena upaya pembinaan keluarga tidak bisa dikerjakan oleh puskesmas saja tetapi diperlukan kerjasama dengan perguruan tinggi, nanti mahasiswa FK UMPalembang akan turun langsung ke masyarakat yang menjadi binaan.

“Nanti 1 keluarga akan dibina oleh 3 mahasiswa FK UMPalembang, tugas keluarga binaan juga dapat mencapai indikator keluarga sehat. Dengan tujuan untuk mencapai Indonesia Sehat melalui program Keluarga Binaan” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Drs. Ruskam Suaidi, M.H.I., menambahkan, UMPalembang selalu berada dihati masyarakat, salah satunya melalui FK untuk selalu melakukan pembinaan dan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Melalui KDK, masyarakat bisa memanfaat fasilitas tersebut. Karena keberadaan FK untuk melayani warga terdekat dengan FK UMPalembang. Melalui program Keluarga Binaan untuk menyukseskan program Indonesia Sehat. Sesuai dengan fungsinya nanti program Keluarga Binaan daoat membentuk keluarga yang sehat secara jasmani dan rohani” tambahnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.