umpalembang.ac.id

FEB Universitas Muhammadiyah Palembang Gelar TOT Pendamping Bumdes

Palembang, umpalembang.ac.id – Guna menanggapi era kekinian dan mempertegas visi universitas terhadap pengembangan masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) melaksanakan Training of Trainers Pendamping Bumdes bagi Kepala Desa dilingkup Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin.

Kegiatan yang juga diikuti dosen UMPalembang ini digelar di Aula Kantor Kepala Desa Sidomulyo Kecamatan Air Kumbang Kab. Banyuasin, Kamis (17/10/2019), dengan Rudy Suryanto, S.E., M.Acc., AK., CA., Founder Bumdes.id menjadi narasumber dalam training tersebut.

umpalembang.ac.id

Camat Air Kumbang Lakoni Syafran, S.H., M.Si., mengungkapkan bahwa kegiatan yang merupakan kombinasi kerjasama antara UMPalembang dan pemerintah kecamatan Air Kumbang yang sasaran kerjanya bagi Kepala Desa se kecamatan Air Kumbang.

“Bagi kami kegiatan ini sangat bermanfaat besar bagi pengembangan Bumdes di desa-desa Air Kumbang dan berharap kedepan tetap selalu dibina para kepala desa di kecamatan Air Kumbang ini, sehingga nantinya akan terbentuk Bumdes yang menjadi contoh bagi Bumdes lain di Kabupaten Banyuasin” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UMPalembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menambahkan, Bupati Banyuasin sebelumnya sangat mendukung kegiatan ini. Kesempatan silaturahmi ini sangat jarang dilaksanakan.

Ia melanjutkan bahwa saat ini terjadi perlambatan ekonomi global, kondisi tersebut memerlukan terobosan baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat utamanya didesa. Bahkan gerakan pembangunan ekonomi mandiri nasional ini juga dicanangkan di provinsi Sumatera-Selatan, Propinsi yang terdiri dari 17 Kabupaten dan Kota dan memiliki 3239 Desa dan Kelurahan, termasuk di dalamnya kabupaten Banyuasin.

“Bagi UMPalembang, khususnya FEB kegiatan ini sangatlah bermanfaat terutama dalam mengimplentasikan catur dharma perguruan tinggi, utamanya dharma penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga teori yang di dapat di Perguruan Tinggi dapat di implemtasikan di lapangan” ulasnya.

“Semoga dengan adanya TOT Pendamping Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan menarik masyarakat sehingga secara perlahan angka kemiskinan akan menurun, dalam upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dilakukan dengan memberikan keputusan bagi pemerintah yang berada di desa” tambahnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.