umpalembang.ac.id

Keren, 3 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Magang di KBRI Bangkok Ala Diplomat

Palembang, umpalembang.ac.id – Ilmu Hukum kerap identik dengan Kementerian Hukum dan HAM, diplomat, politik, dan pengacara. Karena lingkup pengetahuannya terbilang luas. Dalam bagian menambah pengetahuan di kancah internasional, 3 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang berkesempatan untuk magang di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok, Thailand.

Kms. Syarif Hidayatullah, Saparyanto, dan Tri Sartika Asih bertolak ke Bangkok pada akhir Juli 2019 lalu. Ketiga mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang yang beruntung bisa menghabiskan waktu magang selama hampir satu bulan mulai 01 – 25 Agustus 2019 di KBRI Bangkok, Thailand.

Kms. Syarif Hidayatullah mengungkapkan, rencana magang di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand ini adalah program yang memang tersedia di Universitas Muhammadiyah Palembang melalui Kantor Urusan Internasional (KUI).

Ia, Saparyanto, dan Tri Sartika Asih, ingin menggunakan masa-masa kuliah dengan sesuatu yang berbeda, berguna, dan bisa membagi cerita kepada teman dan anak-cucu kelak.

Melihat sepak terjang teman-temannya di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang terdahulu yang berhasil ke luar negeri melalui berbagai ajang bergengsi, mereka tidak ingin ketinggalan. Ketiganya sekedar mencoba mengajukan magang ke beberapa KBRI di Asia dan Eropa.

Kms. Syarif Hidayatullah ditempatkan pada Divisi Kejaksaan Agung KBRI Bangkok, Thailand., dan Saparyanto ditempatkan pada Divisi Imigrasi Dibawah Atase Kemenkumham KBRI Bangkok Thailand, sedangkan Tri Sartika Asih ditempatkan pada Divisi Kejaksaan Agung KBRI Bangkok, Thailand.

Menurut Saparyanto, magang di KBRI Bangkok akan dihadapkan dengan lebih dari sekadar teori yang dipelajari. Banyak hal lain yang bisa didapatkan apabila dicoba. Mengamini hal yang serupa, Kms. Syarif Hidayatullah menambahkan, bahwa magang di KBRI harus multi-tasking dan punya jiwa melayani. Sebab, diplomat adalah pelayan masyarakat Indonesia.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.