28685171_1993357574250641_6444705917794516992_o

KUI UMPalembang Jadi Percontohan Kerja Sama Luar Negeri Bagi PTS di Sumsel

Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) bisa menjadi percontohan bagi perguruan tinggi swasta (PTS) dalam mengelola pertukaran mahasiswa dan kerjasama dengan PT di luar negeri bagi perguruan tinggi swasta di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal tersebut dipaparkan oleh Rini Susanti, S.Pd., MA., selaku kepala KUI dan Lembaga Bahasa UMPalembang dalam kegiatan Round Table Discussion (RTD) Penguatan Pengelola Kantor Urusan Internasional (KUI) Bagi Kepala dan Staf KUI Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) untuk Wilayah Indonesia Bagian Barat, bertempat di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jumat-Sabtu 2-3 Maret 2018 yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Menurut Rini Susanti, MA., Universitas Muhammadiyah Palembang merupakan PTS yang memiliki mahasiswa asing di provinsi Sumsel. Hingga tahun ini sedikitnya ada puluhan mahasiswa asing yang belajar di UMPalembang melalui beberapa program. Sebagian besar merupakan mahasiswa dari Thailand.

“Tahun ini saja ada 8 mahasiswa baru dari negara Thailand yang masuk ke UMPalembang. Jumlah ini naik signifikan dari tahun lalu” katanya.

Lebih Lanjut Rini Susanti, MA., juga menambahkan, dari sisi kerja sama luar negeri, UMPalembang juga sudah beberapa kali menandatangani kerja sama dengan beberapa PT di Eropa, Amerika, dan Australia bahkan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMPalembang melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di luar negeri.

Bentuk kerjasama lain yang dijalin Universitas Muhammadiyah Palembang dengan PT luar negeri adalah, kredit transfer penelitian dan publikasi jurnal penelitian di luar negeri. “Itu belum termasuk yang pertukaran dosen dan mahasiswa,” tambah Rini Susanti, MA.

Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. Edy Suandi Hamid mengatakan, melalui kegiatan Round Table Discussion (RTD) Penguatan Pengelola Kantor Urusan Internasional ini, semua pengelola KUI PTMA dapat mengemukakan kisi-kisi apa yang sudah dikerjakan oleh setiap pengelola KUI dalam mengimplementasikan kerjasama internasionalnya. “Kita juga sharing tentang pengelolaan mahasiswa asing di PTMA,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini juga, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah berharap ke depan KUI di setiap PTMA bisa semakin meningkatkan diri dalam menggandeng berbagai pihak ditingkat nasional maupun internasional.

Posted in Berita.