Pemkab Banyuasin Gandeng UMPalembang Tata Kelola Kawasan Kumuh Perkotaan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) akan terlibat dalam tata kelola penataan perencanaan Kawasan Kumuh Perkotaan yang Berkesinambungan.

Hal tersebut tertuang dalam penandatanganan kerjasama oleh Bupati Banyuasin Ir. Supriyono SA, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., pada beberapa bulan yang lalu, dan pada Jumat (11/5/2018) ditindak lanjuti oleh Fakultas Teknik (FT) UMPalembang dengan ditandai penyerahan dokumen desain perencanaan Kawasan Kumuh Perkotaan yang Berkesinambungan oleh Wakil Dekan I FT UMPalembang Zulkifli, S.T., M.Eng., kepada Kepala Dinas Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Banyuasin H. Noor Yosept Zaath, S.T. M.T.,

Penataan perencanaan kawasan kumuh perkotaan yang Berkesinambungan tersebut akan dilaksanakan di Desa Pangkalan Benteng, Dusun Sri Cinta, dan Dusun Karang Pete. Noor Yosept Zaath, S.T., M.T., mengatakan, melibatkan Universitas Muhammadiyah Palembang, karena mempunyai sumber daya manusia yang sangat kompeten dan komunikasi dengan Universitas Muhammadiyah Palembang juga sudah sangat baik. “Bahkan kedepan dalam tata kelola pemukiman dan kawasan perumahan rakyat di Kabupaten Banyuasin akan melibatkan Universitas dalam pengelolaanya” ungkap Noor Yosept Zaath, S.T., M.T.

Tim pembuatan dokumen desain perencanaan Kawasan Kumuh Perkotaan yang Berkesinambungan tersebut terdiri dari Zulfikri, S.T., M.T., dekan II FT UMPalembang yang juga Ahli Lingkungan, Ahmar Ihsan, S.T., M.T., Team Leader, Reny Kartika Sary, S.T., M.T., Ahli Arsitektur, Ciska Novia Angrini, S.T., M.T., Ahli Pemukiman., dan Kaprodi Arsitektur, dan Raspuji Ramadhanti, S.T., sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Pelaksanaan.

Sementara itu Zulkifli, S.T., M.Eng., mengatakan bahwa FT UMPalembang sangat mengapresiasi kepercayaan pemerintah kabupaten Banyuasin terhadap pengembangan kawasan kumuh yang berkesinambungan. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan dosen prodi Arsitektur FT UMPalembang sudah kredibel dan sangat bisa dipercaya. “Harapan kita, kerjasama ini dapat terus dilanjutkan, dan kerjasama dibidang lain dapat juga segera direalisasikan” tambah Zulkifli, S.T., M.Eng

Posted in Berita.