um-palembang.ac.id

Pengalaman Internasional, 4 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Magang di KBRI Kuala Lumpur Malaysia

Palembang, umpalembang.ac.id – Dalam bagian menambah pengalaman belajar internasional, empat orang mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang mengikuti program internship (magang) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia.

Keempat mahasiswa tersebut adalah M. Hafizh Dasuki, Alfat Mubaroq, Dea Meidiana Putri, dan Helen Monicha Putri, semuanya mahasiswa Fakultas Hukum, yang difasilitasi oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Muhammadiyah Palembang.

Program magang ini dilaksanakan mulai 05 – 30 Agustus 2019. M. Hafizh Dasuki selaku Ketua Tim, mengaku bahwa motivasi utama yang dimilikinya dan teman-temannya untuk mengikuti program ini adalah keinginan untuk melihat dan terlibat langsung dalam kegiatan belajar diplomatik internasional yang dilakukan di kedutaan besar.

Terkait dengan pemilihan lokasi di Malaysia sendiri, mahasiswa yang akrab disapa Hafizh ini menuturkan bahwa Malaysia secara politik dan historis memiliki nilai tersendiri di kawasan Asia Tenggara, khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Selama proses magang, M. Hafizh Dasuki Divisi Fungsi Politik, Alfat Mubaroq Divisi Fungsi Perhubungan, Dea Meidiana Putri Divisi Fungsi Ekonomi, dan Helen Monicha Putri Divisi Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Kuala Lumpur Malaysia.

Kegiatan magang, keempat mahasiswa ini diberi kesempatan secara bergilir untuk melakukan empat fungsi diplomatik yang berbeda, yaitu fungsi ekonomi, protokol konsuler, politik, serta pendidikan dan sosial budaya. Di setiap fungsinya, mereka mempelajar etika dalam menghadiri resepsi diplomatik, menjadi analis ekonomi dan politik.

M. Hafizh Dasuki menyatakan, “Magang di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia ini bagi kami adalah pengalaman yang paling berkesan. Kami sangat merekomendasikan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang lain untuk magang di KBRI Kuala Lumpur”. Harapannya, tentunya semakin banyak mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembag kedepannya yang mengikuti program serupa di berbagai institusi lain.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.