umpalembang.ac.id

RSUD Palembang BARI Jalani Visitasi RS Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran UMPalembang

Palembang, umpalembang.ac.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palembang BARI menjalani Visitasi sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang), Senin (27/5/2019) yang lalu.

Kegiatan visitasi yang dipimpin langsung oleh Tim Visitasi Kasie Jejaring RS Pendidikan Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI dr. Ester Marini Lubis, MKM., dan dr. Andi Wahyningsih Attas, Sp.An, KIC, MARS., serta dr. Sharon Gondodiputro, MARS, M.H., ini disambut langsung oleh Direktur Utama RSUD Palembang BARI dr. Hj. Makiani, S.H., M.M., MARS., Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Palembang Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., dan Dekan Fakultas Kedokteran dr. Yanti Rosita, M.Kes.

Dalam kata sambutannya, dr. Hj. Makiani, MARS., menyampaikan bahwa visitasi ini dilakukan sebagai akreditasi ulang untuk penetapan kembali RSUD Palembang BARI sebagai rumah sakit pendidikan utama bagi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang.

“Tujuannya sendiri, untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan dan pendidikan kedokteran yang telah berjalan di RSUD Palembang BARI selama ini, dan semuanya mengerucut kepada bagaimana rumah sakit ini bisa memberikan pelayanan dan pendidikan yang lebih baik lagi,” ulasnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., mengungkapkan bahwa RSUD Palembang BARI sudah berperan sebagai rumah sakit pendidikan utama untuk Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Untuk itu, saya mewakili Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang sangat mendukung RSUD Palembang BARI untuk menjalani akreditasi ulang dan penetapan kembali sebagai rumah sakit pendidikan utama bagi FK UMPalembang.

Lebih lanjut, Ketua Tim Visitasi Kemenkes RI, dr. Ester Marini Lubis, MKM., dalam paparannya menjelaskan, ada beberapa hal yang diteliti menjadi standar kelayakannya dan dasar hukum menjadi rumah sakit pendidikan Utama. Termasuk sumber daya manusia para dokter, perawat dan staf lainnya yang benar-benar memiliki kompetensi yang baik.

Menurut dr. Ester Marini Lubis, MKM., sebagai rumah sakit pendidikan tugasnya tidak sekedar memberikan pelayanan kesehatan terhadapap masyarakat saja, akan tetapi juga sebagai tempat pendidikan dan penelitian berbagai jenis penyakait bagi mahasiswa.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.