Gelar Yudisium, FEB Universitas Muhammadiyah Palembang Dorong Lulusan Manfaatkan Softskill dan Berintegritas

um-palembang.ac.id – Keluarga besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang mengucapkan selamat dan sukses kepada peserta yudisium karena telah menyelesaikan studi dengan baik, dengan harapan ijazah kesarjanaan yang tertulis menjadi softskills untuk membentuk mental baja dan insan yang memiliki integritas mulia di tengah pergolakan dunia yang semakin ketat.

Hal tersebut disampaikan Dekan FEB UM Palembang Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., dalam acara Yudisium Sarjana Strata I Periode II T.A 2021/2022 yang diikuti 339 lulusan, terdiri dari Program Studi Akuntansi sebanyak 143 orang, dan Program Studi Manajemen sebanyak 196 orang.

Kegiatan yang bertempat di Auditorium Pimpinan Wilayah Sumatera Selatan, pada Kamis (9/6/2022) ini, dihadiri Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Palembang Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., Wakil Dekan, senat fakultas, dosen, dan karyawan dilingkungan FEB UM Palembang.

Lulusan terbaik dalam yudisium Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang tersebut diraih oleh Retno Marselia Wahyuni dengan IPK 3,82., Dian Apriliani dengan IPK 3,81., dan Alfi Aziza dengan IPK 3,81., dari Prodi Manajemen sedangkan Serli Fransiska dengan IPK 3.91., Tiara Andiny dengan IPK 3,79., dan Khalisah Kahana Putri dengan IPK 3,77., dari Prodi Akuntansi.

Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., juga menjelaskan bahwa saat ini kurikulum di FEB UM Palembang menggunakan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diterapkan pada mahasiswa angkatan 2021/2022. Berbagai prestasi diraih oleh program studi dan mahasiswa.

Program Studi Manajemen memperoleh Hibah Centre of Excellence (CoE) dan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Liga 2. Dan pada tahun 2022 ini Prodi Manajemen berhasil lulus dan melanjutkan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Liga 2 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. Program Studi Akuntansi juga mendapat Hibah Pertukaran Kurikulum.

Upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan, FEB UM Palembang secara rutin mengadakan pelatihan-pelatihan untuk mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Semestester Ganjil 2021/2022 FEB UM Palembang mengadakan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kerjasama dengan PT Semen (Persero).

Kemudian digelar pelatihan Analisa Laporan Keuangan bekerjasama dengan BRI Cabang Palembang, Pelatihan Digital Marketing bekerjasama dengan Telkomsel, Pelatihan Pengelolaan Bisnis bekerjasama dengan LPK Darussalam dan Pelatihan SPSS. Program Studi Akuntansi mengadakan Pelatihan Laporan Keuangan dengan metode Zahir, Audit Persediaan yang bekerjasama dengan IAI.

Pada kesempatan ini juga, Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., menambahkan bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang selalu berusaha untuk melakukan peningkatan kualitas dosen melalui Studi Lanjutan S-3 dan peningkatan bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Pada tahun 2016/2017 Dosen yang mendapatkan Hibah Penelitian sebanyak 17 orang dan Hibah Pengabdian sebanyak 6 orang dengan jumlah 23 orang dosen.

“Diharapkan lulusan FEB UM Palembang untuk tidak berhenti belajar karena sumber belajar tidak hanya dari dosen dan kampus saja tetapi dari segala persoalan, kesulitan, lingkungan sekitar, juga menjadi sumber belajar untuk kesuksesan” tambahnya.

Editor: Rianza Putra