Hardiknas 2022, Universitas Muhammadiyah Palembang Berikan Reward Pada Dosen Berprestasi

um-palembang.ac.id – Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022, Universitas Muhammadiyah Palembang kembali memberikan penghargaan kepada dosen tetap yang memiliki karya ilmiah terpublikasi pada Kamis (19/5/2022).

Jumlah artikel ilmiah/jurnal yang berhasil dipublikasi oleh periset Universitas Muhammadiyah Palembang mulai 01 April 2021 sampai 16 April 2022 berjumlah 305 artikel ilmiah sebagai berikut; Artikel terindeks scopus sebanyak 17 artikel, artikel terindeks 38 artikel, dan artikel Internasional 4 artikel.

Disamping itu juga beberapa jurnal yang ada dilingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang telah terakreditasi yaitu Jurnal Terakreditasi SINTA sebanyak 239 artikel, dan artikel pengelola sebanyak 7 artikel.

Tahun 2022 ini, Universitas Muhammadiyah Palembang memberikan dana penghargaan (reward) bagi dosen tetap memiliki karya ilmiah terpublikasi sejumlah 1,2 Milyar, dengan rincian peringkat jurnal Q1 status penulis First Author, sebesar Rp. 25.000.000., pada peringkat jurnal Q2 status penulis First Author, sebesar Rp. 20.000.000., pada peringkat jurnal Q3 status penulis First Author, sebesar Rp. 15.000.000.

Sedangkan pada peringkat jurnal Q4 status penulis First Author, sebesar Rp. 10.000.000., kemudian peringkat jurnal SINTA 2 First Author sebesar Rp. 7.500.000., peringkat jurnal SINTA 3 First Author sebesar Rp. 2.500.000., peringkat jurnal SINTA 4 First Author sebesar Rp. 2.500.000., dan peringkat jurnal SINTA 5 First Author sebesar Rp. 1.000.000.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan Prof. Dr. Romli SA, M.Ag., dan Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. H.M. Idris, M.Si., Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, dan Kaprodi dilingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengatakan bahwa selaku pemangku kepentingan utama di bidang pendidikan tinggi, tanggal 2 Mei merupakan hari yang sangat penting, penuh dengan makna, inspirasi, dan motivasi dalam memajukan peradaban nasional melalui pengembangan sumber daya manusia.

Universitas muhammadiyah Palembang sebagai bagian dari lembaga Pendidikan tinggi di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah, yang pada tahun ini genap berusia 43 tahun, terus berusaha untuk mengembangkan dirinya untuk mampu bersaing tidak saja dalam tatanan regional, nasional tetapi juga dalam tatanan Internasional.

“Alhamdulilah Universitas Muhammadiyah Palembang dari periode ke periode menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah perolehan hibah eksternal baik yang berasal dari kemenristek dikti, Pemerintah daerah bahkan dana hibah internasional yang didapat oleh dosen di lingkungan UM Palembang” katanya.

Dari hasil publikasi di berbagai jurnal ilmiah, Universitas Muhammadiyah Palembang juga menunjukkan progress yang sangat menggembirakan menunjukkan bahwa kemauan periset Universitas Muhammadiyah Palembang untuk mempublikasikan karya ilmiahnya secara internasional, semakin hari semakin meningkat dan di sisi lain menunjukkan pula bahwa publikasi para periset Universitas Muhammadiyah Palembang dapat diakui di dunia akademis internasional.

Universitas Muhammadiyah Palembang juga berharap adanya penghargaan (reward) bagi dosen tetap yang memiliki karya ilmiah terpublikasi ini akan memberikan motivasi dalam peningkatan kinerja dosen dalam rangka penguatan kelembagaan.

Editor: Rianza Putra