Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Dorong Dosen Universitas Muhammadiyah Palembang Peraih Reward Terus Tingkatkan Budaya Menulis

um-palembang.ac.id – Budaya menulis bagi dosen di perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah khususnya Universitas Muhammadiyah Palembang sangat perlu didorong untuk terus ditingkatkan apalagi bagi peraih reward karena akan memberikan dampak yang signifikan secara kelembagaan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., dalam acara pendampingan dan pemberian penghargaan (reward) bagi dosen tetap Universitas Muhammadiyah Palembang, pada Kamis (19/5/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan Prof. Dr. Romli SA, M.Ag., dan Ketua Badan Pembina Harian Dr. H.M. Idris, M.Si., Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, dan Kaprodi dilingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Tahun 2022 ini, Universitas Muhammadiyah Palembang memberikan dana penghargaan (reward) bagi dosen tetap memiliki karya ilmiah terpublikasi sejumlah 1,2 Milyar, artikel ilmiah/jurnal yang berhasil dipublikasi oleh periset Universitas Muhammadiyah Palembang mulai 01 April 2021 sampai 16 April 2022 yang berjumlah 305 artikel ilmiah.

Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., mengatakan bahwa kemampuan menulis aktif karya ilmiah berbahasa asing utamanya bahasa inggris dan bahasa arab harus segera ditingkatkan karena tanpa adanya dukungan karya ilmiah tersebut tidak mudah tercapai.

Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah juga sangat mengapresiasi pemberian reward oleh Universitas Muhammadiyah Palembang bagian dari penghargaan bagi kinerja akademik dan publikasi dosen.

Karena menurutnya hanya sebagian kecil perguruan tinggi yang mampu memberikan reward kepada dosen dalam hal publikasi karya ilmiah. Oleh karena itu hal ini patut disyukuri oleh bapak/ibu dosen Universitas Muhammadiyah Palembang karena ini menjadi dorongan motivasi dalam peningkatan kualifikasi kompetensi seorang dosen.

Pada kesempatan yang sama Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., menurutkan bahwa publikasi sangat penting saat ini, apalagi kompetisi antar perguruan tinggi sangat tinggi, oleh karena itu kemampuan dosen harus terus dipacu demi mengikuti persaingan tersebut.

Sehingga Dirinya menekankan agar Universitas Muhammadiyah Palembang selalu mengedepankan bydesain dalam mengembangkan perguruan tinggi harus dijalankan sejak awal, agar progres dan evaluasi dapat dilakukan tahun per tahun.

Oleh karena itu, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah mengajak keluarga besar Universitas Muhammadiyah Palembang untuk terus bekerjasama dan bydesain dalam memajukan lembaga pendidikan tinggi ini.

“Selamat kepada dosen-dosen Universitas Muhammadiyah Palembang yang mendapat reward atas publikasi karya ilmiahnya, diharapkan hal ini menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja baik secara pribadi maupun kelembagaan” tambahnya.

Editor: Rianza Putra