Visiting Lecturer, FAI Universitas Muhammadiyah Palembang Hadirkan Narasumber dari Coventry University

um-palembang.ac.id – Mengimplementasikan MoU yang sudah ditandatangani, dan dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Muhammadiyah Palembang.

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar Visiting Lecture dengan menghadirkan narasumber Prof. Mike dari Coventry University, London, Britania Raya, yang diselenggarakan secara luring dan daring pada Rabu (24/05/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Palembang, Dr. Purmansyah Ariadi, M.Hum., Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang, Wakil Dekan, Kaprodi, Dosen, dan mahasiswa.

Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., mengatakan bahwa kegiatan yang bertajuk visiting lecturer ini dilaksanakan dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Visiting Lecture ini menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan mutu akademik mahasiswa dan dosen di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, karena akan menunjang mutu akademik mahasiswa, dan dosen, kajian yang dibawakan juga sangat baik khususnya dalam rangka menambah wawasan”, tuturnya.

Menurutnya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan mutu pendidikan serta memperluas pengetahuan dosen dan mahasiswa yang di datangkan dari beberapa universitas terkemuka. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk visiting Profesor maupun visiting lecture yang secara berkesinambungan dilakukan oleh program studi yang ada dilingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Bahkan Visiting Lecturer ini dapat membangun hubungan kerjasama akademik serta meningkatkan reputasi Universitas Muhammadiyah Palembang, dengan pengalaman yang dibagikan oleh pembicara tamu bukan hanya dapat meningkatkan pengalaman pendidikan bagi mahasiswa, tetapi juga memperkaya perspektif dari beragam wawasan dan pengalaman yang tidak dapat diperoleh di tempat lain.

Pada kesempatan yang sama, Rini Susanti, S.Pd., M.A., Staf Khusus Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Bidang Hubungan Luar Negeri menambahkan bahwa webinar ini adalah bentuk implementasi kerjasama antara Coventry University (UK) dan Universitas Muhammadiyah Palembang (Indonesia) yang telah terjalin sejak tahun 2017 dengan bantuan Konsultan Coventry University untuk Indonesia (Yanti Amran).

Bagi semua perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia, Prof. Mike Hardy dan Coventry University adalah teman baik. Beberapa kegiatan internasional di Universitas Muhammadiyah Palembang telah berjalan dengan sangat baiknya dengan Coventry University ini seperti kerjasama antara Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang dan Coventry University.

Sementara itu dalam materinya, Prof Mike Hardy mengungkapkan, I was honoured to be invited to join discussions on Multiculturalism with Universitas Muhammadiyah Palembang at its recent conference, Fragmentation or Solidarity: The Challenge of Multiculturalism. The conversations examined the contemporary challenge of how societies live in peace and with success with diverse communities, with multiple ethnicities, religions and cultural traditions.

We discussed the good practices in Indonesia that build on the distinctive Pancasila, the foundational philosophical approach to pluralism. Though many see the unity in diversity as a real strength, our contemporary world is complex and the forces for prejudice very present.

Peaceful coexistence within multicultural societies remains a major challenge for our times, and work is continuing to encourage inclusion, moderate behaviours and acceptance of minorities. It is encouraging that so many can learn positive lessons from Indonesia.

Editor: Rianza Putra