Fakultas Agama Islam

Fakultas Agama Islam (FAI) UM Palembang bermula dari Fakultas Ilmu Agama dan Dakwah (FIAD) yang didirikan pada tahun 1974 dan tahun 1978, FIAD berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Muhammadiyah (STIDM) dengan Status Terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor Kep/DV/117/78 tanggal 15 September 1978. Setelah melalui proses yang panjang, pada tahun 1990 Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Muhammadiyah (STIDM) berintegrasi dengan Universitas Muhammadiyah Palembang dan berubah menjadi Fakultas Ushuluddin Universitas Muhammadiyah Palembang berdasarkan Surat Keputusan PPM Majelis Diktilitbang nomor E-2/21/SK.MPTPP/1990 dan berstatus terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 90 tanggal 29 Mei 1990.

Sesuai dengan tuntutan dan perkembangan masyarakat pada tahun 1994, Fakultas Ushuluddin Universitas Muhammadiyah Palembang berubah menjadi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang dengan Surat Keputusan Yayasan PTM nomor 30/YPPTM/IV/1994 tanggal 18 Zulqaidah 1414 H. bersamaan dengan 29 April 1994 dan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 45 tahun 1996 tentang perubahan nama dari Fakultas Ushuluddin Universitas Muhammadiyah Palembang menjadi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang dengan 3 (tiga) Program Studi yaitu:

  • Program Studi Dakwah/Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • Program Studi Tarbiyah
  • Program Studi Syariah Ahwal Al-Syahsiyah

Ketiga Program Studi tersebut berdasarkan hasil akreditasi nomor 029/BAN-PT/AK-XI/S1/X/2008 tanggal 13 November 2008 mendapatkan status terakreditasi C untuk Program Studi Tarbiyah dan Program Studi Dakwah/Komunikasi dan Penyiaran Islam, sedangkan untuk Program Studi Syariah Ahwal Al-Syahsiyah mendapatkan status terakreditasi B.

Pada tahun 2007 Fakultas Agama Islam UM Palembang mendirikan Program Studi baru yaitu Ekonomi Islam. Hal ini dilakukan untuk merespon tuntutan sumber daya di bidang Ilmu Ekonomi Islam yang nantinya akan dapat digunakan untuk tenaga di bank-bank dan lembaga keuangan Islam yang pertumbuhan dan perkembangan mengalami kemajuan cukup pesat. Pendirian Program Studi Ekonomi Islam ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia melalui Direktur Jendral Pendidikan Islam nomor Dj.I/ 220.B/2007.

Saat ini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki 4 (empat) Program Studi yaitu:

  • Program Studi Dakwah Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • Program Studi Tarbiyah
  • Program Studi Syariah Ahwal Al-Syahsiyah
  • Program Studi Ekonomi Islam

Ketiga Program Studi sudah mendapat Status Terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan Surat Keputusan nomor 029/BAN-PT/Ak.XI/S-1/2008 dan mendirikan Program Studi baru yaitu Ekonomi Islam dalam proses Terakreditasi.