V I S I

“Menjadi universitas berstandar nasional dan menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi serta unggul dalam ipteks yang berbasis keislaman pada tahun 2022 menuju universitas berstandar internasional”

Penjabaran visi tersebut adalah:

  1. Berstandar nasional; berkualitas secara nasional sesuai dengan standar nasional pendidikan.
  2. Berdaya saing tinggi; lulusan memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia kerja.
  3. Unggul dalam ipteks; menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dibutuhkan untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dalam era globalisasi.
  4. Berbasis keislaman; seluruh aktivitas yang meliputi masukan, proses, dan keluaran berdasarkan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.
  5. Menuju universitas berstandar internasional; meletakkan dasar-dasar yang mendukung untuk menjadi universitas berstandar internasional.

Visi ini bermakna bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang berorientasi pada pemantapan iman dan takwa kepada Allah SWT., serta pengembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Ini berarti bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang berperan serta menunjang pelaksanaan otonomi daerah.

Dalam upaya menjadi perguruan tinggi yang unggul, UM Palembang berpegang pada kekuatan iman dan takwa dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, kinerja yang profesional dipusatkan pada sifat-sifat kesungguhan, keikhlasan, dan ukhuwah Islamiah.

M I S I

Sebagai perguruan tinggi, Universitas Muhammadiyah Palembang memusatkan perhatian pada pendidikan yang bermutu sehingga lulusannya mampu memperkuat sumber daya manusia yang berdaya guna dan berhasil guna serta bertakwa. Selain itu, Universitas Muhammadiyah Palembang melakukan penelitian murni dan terapan untuk menemukan teknologi baru yang bermanfaat bagi bangsa dan agama. Hasil penelitian diaplikasikan melalui pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Dengan demikian, Universitas Muhammadiyah Palembang mengemban misi yang saling mendukung, yaitu:

  1. Melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik bertaraf nasional, menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan, serta menyiapkan infrastruktur menuju universitas berstandar internasional.
  2. Menyiapkan mahasiswa dan alumni yang memiliki integritas tinggi berdasarkan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan untuk mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan kader-kader persyarikatan.
  3. Melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui riset dan aplikasinya untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan iklim pembelajaran yang kondusif untuk menghasilkan sarjana yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.
  5. Mengembangkan sistem pendidikan berbasis kompetensi (hard skills dan soft skills) yang terintegrasi dengan dunia usaha dan sektor publik.
  6. Menerapkan manajemen akademik, sumber daya manusia, keuangan, dan mutu berbasis perencanaan dan teknologi informasi supaya tercipta Good University Governance (GUG).
  7. Menjadikan sistem manajemen kinerja berbasis Balance Scorecard (BSC) sebagai alat penjaminan mutu dan alat penilai kinerja unit pelaksana di Universitas Muhammadiyah Palembang agar termotivasi untuk berprestasi.

T U J U A N

Visi dan misi yang sudah dirumuskan itu perlu direalisasikan dengan menetapkan tujuan-tujuan operasional yang memungkinkan pencapaian harapan masa depan. Tujuan yang harus dicapai Universitas Muhammadiyah Palembang adalah sebagai berikut:

  1. Terwujudnya kualitas ketatakelolaan dan penjaminan mutu pada semua unit kerja yang berbasis perencanaan dengan tujuan mempertahankan dan meningkatkan mutu, daya saing lulusan.
  2. Tersedianya infrastruktur berupa fasilitas dan peralatan, pengembangan sarana, prasarana, dan laboratorium untuk pelayanan pengguna internal khususnya dan eksternal umumnya.
  3. Terealisasinya kondisi finansial yang sehat dan terencana dengan sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.
  4. Meningkatnya mutu layanan pendidikan terhadap pengguna internal dan eksternal sesuai standar nasional.
  5. Terciptanya suasana kehidupan kampus yang harmonis dan dinamis untuk mendorong semangat belajar dan semangat kerja bagi sivitas akademika dan karyawan berbasis amar makruf nahi munkar.
  6. Terwujudnya sistem pangkalan data universitas untuk memudahkan pelacakan data dan informasi.
  7. Meningkatnya sistem administrasi yang mengacu pada Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA).
  8. Terwujudnya mahasiswa dan alumni yang memiliki integritas tinggi berdasarkan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan kader-kader Persyarikatan.
  9. Terbentuknya sumberdaya manusia yang berkualitas, cerdas secara intelektual, emosional, dan spiritual.
  10. Terciptanya lulusan yang dapat bersaing pada skala nasional dan internasional.

Kesepuluh tujuan ini dijabarkan menjadi sejumlah strategi yang operasional dan terukur dengan mempertimbangkan segala isu, dan analisis Strength, Weakness, Opportunities, Threat (SWOT).