umpalembang.ac.id

32 Dosen dan 67 Karyawan Universitas Muhammadiyah Palembang Ikuti Baitul Arqam dan PEKERTI

Palembang, umpalembang.ac.id – Universitas Muhammadiyah Palembang merupakan salah satu bentuk amal usaha organisasi Muhammadiyah yang memiliki visi dan misi strategis dakwah Muhammadiyah. Adapun visi dari Perkaderan dosen dan karyawan di Universitas Muhammadiyah Palembang adalah mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin, serta menjadikan ajaran Islam dalam perspektif Muhammadiyah sebagai landasan berfikir dan berperilaku dalam pengembangan profesi.

umpalembang.ac.id

Dalam upaya pencapaian hal tersebut, Universitas Muhammadiyah Palembang mengadakan Baitul Arqam dan Program Peningkatan Ketrampilan dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen dan karyawan baru, yang diadakan di Asrama Haji Provinsi Sumatera Selatan, 28-29 September 2019.

Baitul Arqam adalah salah satu bentuk atau model perkaderan Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi dan kepemimpinan untuk membentuk kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir dan bertindak dalam mewujudkan visi dan misi Muhammadiyah.

Dalam laporannya sebagai Ketua Pelaksana Ir. Dasir, M.Si., mengatakan bahwa Baitul Arqam dan PEKERTI ini diikuti 32 dosen dan 67 karyawan baru Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang), yang berisi materi penguatan kelembagaan persyarikatan Muhammadiyah dan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Sementara itu Ketua Badan Pembina Harian UMPalembang Dr. H.M. Idris, S.E., M.Si., menyampaikan bahwa peserta baitul arqam tahun ini lebih banyak. Kebijakan tahun ini semua karyawan UMPalembang diangkat semua menjadi karyawan tetap. Hal ini untuk menyamakan persepsi dalam hal pengangkatan dosen maupun karyawan agar tidak ada lagi melalui mekanisme fakultas tetapi melalui satu pintu yakni melalui UMPalembang.

“Baitul Arqam juga akan menjelaskan norma aturan dan tata tertib sesuai dengan peraturan. Bahkan kedepan untuk naik jenjang jabatan fungsional di Universitas Muhammadiyah Palembang, dosen dan karyawan harus menyetor hapalan surat-surat juz 30” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menambahkan bahwa kegiatan baitul arqam menjadi pintu awal dosen dan karyawan untuk bermuhammadiyah. Karena UMPalembang mempunyai misi yakni menegakan islam yang rahmatan lilalamin. Oleh karena itu sebagai petugas di UMPalembang harus memahami Muhammadiyah.

umpalembang.ac.id

Ia melanjutkan, bahwa dalam Rencana Strategis (Renstra) Universitas Muhammadiyah Palembang tahun 2013 – 2022, pengembangan sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan/karyawan) merupakan salah satu prioritas utama yang menjadi perhatian utama.

“Pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan tidak hanya memenuhi kuantitas/jumlahnya saja tetapi juga harus meningkatkan kualitas dan kafabilitas sumber daya manusia sehingga SDM yang ada akan mampu mewujudkan visi, misi tujuan Universitas Muhammadiyah Palembang” tambahnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.