umpalembang.ac.id

Dosen Universitas Muhammadiyah Palembang Hibahkan Teknologi Hasil Penelitian Kepada Masyarakat

Palembang, umpalembang.ac.id – Terhitung sejak 4 tahun terakhir, sudah puluhan hasil penelitian dari program Iptek bagi masyarakat dosen Universitas Muhammadiyah Palembang, yang dihibahkan kepada masyarakat. Dan sebagian hasil penelitian baik berupa alat, pelatihan dan lainnya itu sudah diserahkan kepada sejumlah kelompok usaha masyarakat.

umpalembang.ac.id

Seperti Jumat (2/8/2019), hibah teknologi berupa alat Pyrolisis yang diserahkan oleh dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang Ir. Erna Yuliwati, M.T., Ph.D., bersama timnya, Dr. Ir. Elfidiah, M.T (anggota) dan Wiwin Oktaviani, S.T., M.Sc., (anggota) kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Maju Jaya dan Bank Sampah SAKURA, di Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang.

Ir. Erna Yuliwati, M.T., Ph.D., mengungkapkan dalam sambutannya bahwa idel ini berawal dari inovasi tesis mahasiswa S2 Program Pascasarjana Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Palembang yang dimodifikasi oleh dosen-dosen Fakultas Teknik, kemudian diaplikasi kepada masyarakat dalam bagian penelitian dan pengabdian pada masyarakat, yang akhir pengembangannya didanai oleh Kemenristek Dikti Program Kemitraan Masyarakat tahun anggaran 2019.

“Alat ini akan terus diupgrade dan akan melibatkan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang melalui Program Kreatif Mahasiswa untuk melatih bapak dan ibu, dengan memanfaatkan kantong kresek yang bisa dimanfaatkan menjadi minyak. Target kedepan alat Pyrolisis ini bisa berfungi maksimal sehingga menjadi salah satu solusi pengurangan sampah di kota Palembang” ungkapnya.

Di tempat yang sama Ketua KSM Maju Jaya dan Bank Sampah SAKURA, M. Yunus Mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada dosen Universitas Muhammadiyah Palembang yang telah menghibahkan hasil penelitiannya yang nantinya akan dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Alat Pyrolisis ini dapat merubah sampah plastik menjadi minyak. Kedepan diharapkan kami diberi pelatihan dan pembimbingan dari pihak Universitas Muhammadiyah Palembang agar pemanfaatan alat ini dapat berjalan maksimal” jelasnya.

Menurutnya, alat Pyrolisis ini dapat mengurangi sampah di kota Palembang karena penumpukan sampah yang sangat berlebihan. Melalui alat ini, keberadaan sampah di TPA dapat berkurang. “Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut dimasa mendatang” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Talang Kelapa Wim S.A., menambahkan bahwa kami dari pihak kelurahan Talang Kelapa mengucapkan terima kasih atas bantuan alat ini dan semoga alat Pyrolisis ini bermanfaat bagi masyarakat.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.