UMPalembang Workshop Penulisan Proposal PKPT (3)

Klaster Utama, UMPalembang Gelar Workshop Penulisan Proposal PKPT

Upaya Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) untuk naik klaster Madya ke klaster Utama dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat terus dilakukan. salah satunya dengan menggelar Workshop Penulisan Proposal Penelitian Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi (PKPT) bagi dosen UMPalembang, yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UMPalembang.

Kegiatan yang dihelat di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang, Senin (14/5/2018) ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I UMPalembang Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd. Serta Prof. Dr. Lili Warly, Asesor Penelitian dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menjadi pembicara dalam workshop tersebut. Turut hadir dalam workshop ini, Ketua LPPM UMPalembang Dr. Ir. H. Mustopa Marli Batubara, M.P.

Dalam sambutanya Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., mengungkapkan, kinerja dosen secara umum diukur dengan Tri Dharma perguruan tinggi dan di UMPalembang ada Chatur Dharma, dan salah satunya penelitian dan pengabdian masyarakat. Karena semakin besar nilai penelitian dan pengabdian pada masyarakat, akan semakin mempercepat UMPalembang meraih predikat klaster Utama.

Lebih lanjut Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., menjelaskan bahwa kinerja penelitian Kemerintek Dikti menawarkan banyak hibah dana penelitian kepada dosen secara kompetitip. “Untuk mendapatkan hibah tersebut dibutuhkan proposal yang memenuhi standar dan berkualitas. Hal tersebut dibutuhkan kemampuan dosen baik secara teknis maupun secara substansi” ujar Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd.

Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., juga menambahkan, kegiatan pelatihan ini akan memberikan kemampuan teknis tersebut, apalagi Kemenristek Dikti sudah meluncurkan pedoman penelitian edisi XII, dan dalam Pedoman tersebut terdapat jenis penelitian yang dapat diajukan, salah satunya penelitian PKPT.

Posted in Berita.