umpalembang.ac.id

Menang Hibah Kemenristek Dikti, Dosen FKIP UMPalembang Gelar Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar

Palembang, umpalembang.ac.id – Heru, S.Pd, M.Pd., selaku dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang mengucapkan “Alhamdulillah, akhirnya kegiatan pelatihan bisa terlaksana dengan baik, semua guru bersemangat untuk mengikutinya.

“Saya dan tim merasa bersyukur hasil kemenangan kami mendapat hibah dari kemenristek dalam bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terwujud dengan semangat para guru mengikuti kegiatan ini”, ungkapnya.

umpalembang.ac.id

Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning Bagi Guru SMP/MTS Muhammadiyah se Kota Palembang ini, dilaksanakan pada hari Sabtu, 03 Agustus 2019 bertempat di SMP Muhammadiyah 1 Palembang.

Pelatihan ini terlaksana atas pemerolehan hibang bersaing di Kemenristek Dikti pada bidang pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2019.

Kemeristek Dikti setiap tahun memprogramkan Pengusulan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan sejumlah mekanisme. Undang-undang Guru dan Dosen (UU No. 14 tahun 2005) mengamanatkan bahwa dosen adalah pendidik professional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengungkapkan bahwa dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ikut berpartisipasi aktif mengikuti seleksi hibah penelitian dan pengabdian masyarakat Kemenristek Dikti, dan jumlah peserta yang lolos hibah terus mengalami peningkatan.

“Dosen-dosen yang lolos hibah penelitian dan pengabdian masyarakat Kemenristek DIKTI diwajibkan mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat baik melalui terbitan ilmiah berkala (jurnal), bahan ajar, seminar hasil penelitian, poster akademik, dan lain-lain” jelasnya.

“Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi mudah untuk diakses oleh banyak pihak dan tentunya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas” tambahnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.