Idul Adha UMPalembang 2018 (4)

Sholat Idul Adha 1439 H, di Universitas Muhammadiyah Palembang

Dengan penuh kekhusukan dan khidmad para jamaah sholat Idul Adha 1439 H yang berlangsung di lapangan Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) mendengarkan khutbah dari Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., Rabu (22/8/2018). Sholat Idul Adha 1439 H di UMPalembang ini dikuti oleh para jamaah dari civitas akademika dan masyarakat sekitar kampus UMPalembang dengan Imam sholat Drs. Ruskam Suaidi, M.H.I., Wakil Rektor IV UMPalembang.
Idul Adha UMPalembang 2018 (2)
 
Dalam khutbahnya Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., mengatakan bahwa Idul Adha bermakna Hari Raya Qurban yang didalamnya terdapat perintah berqurban, yang merupakan salah satu ibadah dalam Islam yang pada hakikatnya sebagai bentuk penghambaan diri pada Allah. Lebih lanjut Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., menjelaskan, pada saat kaum muslimin di tanah air tengah melaksanakan sholat Idul Adha, maka saudara kita di tanah suci tengah melaksanakan ibadah haji. Semoga ibadah haji mereka meraih haji yang mabrur dan diterima Allah. “Dalam berkurban terkandung ajaran tauhid yang mendalam. bagaimana manusia berserah diri kepada Allah sekaligus berbuat amal shaleh kepada sesama manusia dan dalam menjalaninya” ungkap Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si.
Idul Adha UMPalembang 2018 (3)
 
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMPalembang ini juga menambahkan, ibadah qurban ritual luarnya memang hewan qurban, namun kandungan isinya ialah ketaqwaan, yang setiap muslim diuji beberapa ketaatanya kepada Allah yang dilambangkan dalam seekor hewan qurban. Diakhir khutbahnya Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., mengajak para jamaah sholat Idul Adha 1439 H di Universitas Muhammadiyah Palembang untuk selalu meneguhkan iman dan meningkatkan ketaqwaan dalam menjalankan amanah, dan aktivitas sehari-hari dengan sebaik-baiknya, karena semuanya diawasi Allah, dan itulah makna dan nilai ketaqwaan yang melekat dalam ibadah qurban.
Idul Adha UMPalembang 2018 (1)
Posted in Berita.