um-palembang.ac.id

Siapkan Mahasiswa 4.0, Prodi Teknik Industri UMPalembang Gelar Kuliah Umum Business Intelligence dan Workshop Pengenalan Phyton dan Pandas dalam Pengolahan Big Data

Palembang, umpalembang.ac.id – Program Studi (Prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) menggelar kegiatan Kuliah Umum dan Workshop bersama Narasumber dari Program Magister Teknik Industri Universitas Islam Indonesia.

Hal ini merupakan implementasi dari MoA yang telah ditandatangani pada Maret tahun 2017 lalu. Kegiatan Kuliah Umum dan Workshop ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Kgs A. Roni, M.T., pada Senin (26/11/2019) yang lalu.

um-palembang.ac.id

Dalam pidatonya, Dr. Ir. Kgs. A. Roni, M.T., menyatakan bahwa dalam era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 maka pengolahan data dalam jumlah besar (Big Data) merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting.

“Kegiatan seperti ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk belajar dan menggali potensi apa saja kira-kira dapat dimanfaatkan melalui kegiatan kuliah umum dan workshop ini” jelasnya.

Kegiatan Kuliah Umum dengan Tema Business Intelligence dalam Proses Bisnis diisi oleh Narasumber dari Ketua Program Studi Magister Teknik Industri (MTI) FTI UII yaitu Winda Nur Cahyo, S.T., M.T., P.hD.

Winda Nur Cahyo, S.T., M.T., P.hD., dalam materinya menyampaikan bahwa terkait Revolusi Industri 4.0 yang saat ini berfokus pada Internet of Things (IoT), bagaimana barang ‘berkomunikasi’ dengan barang. Contohnya aplikasi transportasi online ataupun pesan makanan, Anda akan tidak perlu berkomunikasi atau menelpon secara langsung. Bahkan menu makanan yang Anda pesan beberapa hari lalu atau alamat yang sering Anda pilih akan muncul dengan sendirinya. Karena data ini telah tersimpan dan dapat mereka gunakan kembali.

um-palembang.ac.id

Ia melanjutkan bahwa data yang extrememly large ini biasa juga disebut Big Data. Data inilah yang seharusnya dapat digunakan kembali untuk banyak hal, seperti contoh aplikasi diatas sehingga dapat mengetahui karakter dalam Proses Bisnis dan hal inilah fungsi dari Business Intelligence. Bagaimana memanfaatkan data yang besar tersebut menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama secara paralel dosen dari Program Studi Teknik Industri dan Teknologi Informasi UMPalembang, juga melakukan kegiatan workshop dengan Tema Pengenalan Phyton dan Pandas untuk Analisis dan Evaluasi Data oleh Andrie Pasca Hendradewa., S.T., M.T yaitu Dosen MTI UII bertindak sebagai narasumber.

Ia juga menjelskan bahwa jika tadi kita membahas mengenai Big Data, dengan tools Pandas dengan menggunakan bahasa Phyton, data dapat diolah dengan lebih mudah dan menjadi terstruktur bahkan dapat menghasilkan informasi yang sangat penting dalam pengambilan keputusan.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.