Dukung Mutu Pembelajaran, Universitas Muhammadiyah Palembang Gelar Seminar Strategi dan Implementasi Pendekatan Deep Learning di Sekolah

um-palembang.ac.id – Dalam rangka mendukung peningkatan mutu pembelajaran, Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar Seminar Strategi dan Implementasi Pendekatan Deep Learning di Sekolah di Aula Gedung KH. Faqih Usman Lantai 7 pada Rabu (26/2/2027).

Seminar tersebut dihadiri Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Prof. Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Sekolah, Dewan Guru SMA Negeri dan Swasta di Kota Palembang, serta dibuka secara resmi oleh Ketua Badan Pembina Harian Dr. H.M. Idris, M.Si.

Prof. Dr. Drs. Houtman, M.Pd., Guru Besar Universitas Muhammadiyah Palembang Bidang Ilmu Linguistik Terapan, dan Drs. H. Muslim, M.Pd., selaku Koordinator Pengawas Madya Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan menjadi narasumber dalam seminar tersebut.

Mengawaili sambutannya, Prof. Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengucapkan selamat datang di kampus Universitas Muhammadiyah Palembang yang saat ini memiliki 7 fakultas dan Program Pascasarjana dengan 36 program studi, dengan jumlah mahasiswa aktif lebih kurang 10.000 mahasiswa.

Sesuai dengan visi Universitas Muhammadiyah Palembang “untuk menjadi universitas berstandar Internasional“ dan upaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen salah satunya adalah dengan memperbanyak kegiatan seminar, salah satunya Seminar Strategi dan Implementasi Pendekatan Deep Learning di Sekolah.

Prof. Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menyampaikan, pendekatan Deep learning adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemahaman mendalam, berpikir kritis, dan pembelajaran yang menyenangkan. Pendekatan ini juga dikenal sebagai pembelajaran mendalam.

Deep Learning memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia secara signifikan dengan menggabungkan teknologi dan pendekatan pembelajaran interaktif.

“Metode ini didorong dapat menghasilkan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di seluruh dunia” jelasnya.

Lebih lanjut Prof. Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menuturkan bahwa perkembangan teknologi Informasi disatu sisi akan memudahkan mentrasformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik, namun disisi lain perlu mengantisipasinya, agar tidak salah Langkah dalam yang menjadikan peserta didik malas untuk berfikir dan sangat tergantung dengan teknologi informasi.

Atas nama Universitas Muhammadiyah Palembang selamat atas terselenggaranya seminar ini sehingga melahirkan gagasan baru dalam Implementasi Deep Learning dalam proses pembelajaran di sekolah.

“Kami juga berharap kepada bapak/Ibu Kepala Sekolah dan Dewan Guru agar dapat mengarahkan siswanya untuk menjadikan Universitas Muhammadiyah Palembang sebagai pilihan utamanya untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi” pungkasnya.

Editor: Rianza Putra