um-palembang.ac.id – Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamen Dikdasmen) Republik Indonesia Dr. Fajar Riza Ul Haq, M.A., berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Palembang, pada Sabtu 15 November 2025 di Aula Gedung KH. Faqih Usman Lantai 7.
Kunjungan tersebut dalam kegiatan silaturahmi bersama Kepala Sekolah dan Dewan Guru Sekolah Muhammadiyah mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK se Kota Palembang.
![]()
Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Selatan Ridwan Hayatuddin, S.H., M.H., dan unsur pleno. Kemudian Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Palembang Prof. Dr. Ir. Kgs. Ahmad Roni, S.T., M.T., Wakil Rektor II Prof. Dr. Sri Rahayu, S.E., M.M., Wakil Rektor III Dr. Eko Ariyanto, M.Chem.Eng., dan Ketua Majelis Dikdasmen PWM Sumsel Dr. Gunawan Ismail, S.Pd., M.Pd.
Prof. Dr. Sri Rahayu, S.E., M.M., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Universitas Muhammadiyah Palembang kepada Wamen Dikdasmen Dr. Fajar Riza Ul Haq, M.A., dan semua Kepala Sekolah Muhammadiyah se Kota Palembang di kampus yang sudah terakreditasi unggul ini.
![]()
“Universitas Muhammadiyah Palembang siap membersamai amal usaha Muhammadiyah untuk maju bersama dengan saling mensupport dan memberikan kepercayaan dalam setiap tingkat jenjang pendidikan dalam memajukan lembaga kita masing-masing” ungkapnya.
Ketua PWM Sumsel, Ridwan Hayatuddin, dalam kesempatan itu menyoroti pentingnya sinergi antar lembaga pendidikan Muhammadiyah agar transformasi kualitas dapat berjalan konsisten. Menurutnya, pertemuan seperti ini harus menjadi tradisi untuk merawat komunikasi dan kolaborasi antar unit pendidikan di bawah persyarikatan.
![]()
Memperkuat pesan tersebut, Wamen Dikdasmen Dr. Fajar Riza Ul Haq, M.A., menekankan bahwa keberhasilan sekolah Muhammadiyah sangat bergantung pada kualitas kepemimpinan kepala sekolahnya. Ia menyebut kepala sekolah sebagai motor perubahan, bukan sekadar pengelola administrasi.
“Kepala Sekolah Muhammadiyah harus punya visi yang jelas dalam bekerja dan memimpin. Karena kepala sekolah adalah penggerak perubahan di sekolah itu sendiri,” ujarnya.
![]()
Dr. Fajar Riza Ul Haq, M.A., juga menambahkan bahwa visi yang kuat harus diterjemahkan ke langkah-langkah nyata yang berdampak pada mutu pembelajaran, budaya sekolah, dan pencapaian peserta didik.
Editor : Rianza Putra