um-palembang.ac.id

LPPM Universitas Muhammadiyah Palembang Gelar Bimtek Bagi Anggota DPRD Muaro Jambi

um-palembang.ac.id – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Palembang dipercaya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI memberikan bimbingan teknis (bimtek) Workshop Pendalaman Tugas Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi, dengan tema “Penguatan Peran dan Fungsi DPRD dalam Mewujudkan Fungsi Pengawasan untuk Mewujudkan Kabupaten Muaro Jambi yang Maju dan Sejahtera”.

Kegiatan yang digelar di Hotel Batiqa Palembang, Kamis – Minggu, 12 – 15 November 2020 ini dihadiri Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., Ketua LPPM Dr. Ir. Mustopa Marli Batubara, M.P., Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi Yuli Setia Bakti, Sekretaris Dewan Ahmad Ridwan, Wakil Ketua DPRD Agustian Mahir, S.H., Wakil Ketua DPRD Ahmad Haikal, S.IP., serta menghadirkan narasumber Dr. Sri Rahayu, S.E., M.M., Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palembang, Ahmad Fais, S.Sos., M.Si., Tenaga Ahli DPR RI, dan Halilul Khairi Ditjen Keuda Kemendagri.

um-palembang.ac.id

Dalam sambutannya Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan dari Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Badan Pengembangan Sumber daya Manusia (BPSDM) kepada Universitas Muhammadiyah Palembang sebagai partner dalam pelaksanaan Bimtek Penguatan Fungsi dan Peranan DPRD Kabupaten Muaro Jambi.

Ia menjelaskan bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang adalah salah satu dari 166 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia, yang ada di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah. Saat memiliki 7 Fakultas dan Program Pascasarjana dengan 32 Program studi, dengan jumlah mahasiswa aktif lebih kurang 10.500 mahasiswa, yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan beberapa orang mahasiswa asing, dengan sumber daya manusia yang cukup mumpuni baik Guru Besar mapun Doktor dari dalam dan luar negeri.

um-palembang.ac.id

Menurutnya, ketersediaan sumber daya manusia yang ada inilah barangkali menjadi salah satu pertimbangan BPSDM kementerian Dalam Negeri untuk menunjuk Universitas Muhammadiyah Palembang sebagai mitranya dalam menyelenggarakan Bimbingan Teknis terhadap beberapa DPRD kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Bagi Universitas Muhammadiyah Palembang kegiatan ini merupakan penggilan tugas untuk mengimplementasikan Catur Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang pengabdian kepada masyarakat (PkM) Universitas Muhammadiyah Palembang harus menyatu dengan masyarakat.

um-palembang.ac.id

“Perguruan Tinggi jangan seperti menara gading yang hanya indah dilihat mata dari kejauhan, tetapi harus menjadi menara air yang mampu memberikan manfaat kehidupan bagi masyarakat luas” jelasnya.

Doktor Ilmu Pertanian ini menuturkan, bimbingan teknis bagi anggota dewan yang terhormat dilaksanakan tidak lain adalah untuk menunjang efektifitas kinerja dan meningkatkan kapasitas para anggota legislatif didalam membantu Pemerintah Daerah untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Muaro Jambi.

um-palembang.ac.id

Oleh karena itu, peningkatan ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota DPRD, yang memiliki tiga fungsi yaitu fungsi Anggaran (budgeting) fungsi Pengawasan (controlling) dan fungsi pembentukan Peraturan Daerah (Legislasi). Bagi Universitas Muhammadiyah Palembang mendapat kepercayaan untuk menjadi fasilitator Bimbingan Teknis ini merupakan suatu kebanggan dan sangat bermanfaat paling tidak akan memberikan kontribusi bagi Anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi.

“Universitas Muhammadiyah Palembang selalu membuka diri untuk melaksanakan kerjasama dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah termasuk DPRD Kabupaten Muaro Jambi, terutama kaitannya di bidang Penelitian dan penyusunan Naskah Akademik (NA) Peraturan Daerah, yang selama ini sudah kami lakukan dengan beberapa Pemerintah Daerah di Sumatera Selatan” tuturnya.

um-palembang.ac.id

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi Yuli Setia Bakti berharap, bimtek oleh LPPM Universitas Muhammadiyah Palembang bisa bermanfaat bagi anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi yang hadir. “Mudah-mudahan ini bisa menjadi tambahan ilmu, wawasan baru, pengalaman, sekaligus media sharing antara LPPM Universitas Muhammadiyah Palembang dan DPRD Kabupaten Muaro Jambi. Yang terpenting ini semua demi memajukan Provinsi Jambi dan khususnya Kabupaten Muaro Jambi” ungkapnya.

 

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.