Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Harus Menjadi Agen Perubahan dengan Memegang Nilai Persatuan

um-palembang.ac.id – Mahasiswa adalah kelompok elit dalam struktur masyarakat Indonesia karena sedikitnya penduduk Indonesia yang memiliki kesempatan mengenyam pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, para mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan yang menjunjung nilai nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Panglima Komando Daerah Militer II Sriwijaya Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., saat memberikan kuliah umum dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Palembang tahun akademik 2022/2023.

Kegiatan yang diikuti 84 mahasiswa baru perwakilan setiap fakultas dan secara daring oleh mahasiswa lain ini digelar di Aula Lantai 7 Gedung KH. Faqih Usman, pada Selasa (20/9/2022).

Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., mengajak mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Palembang untuk mengisi kemerdekaan dengan nilai persatuan yang sama menuju Indonesia EMAS 2045. Karena hal ini membutuhkan kebersamaan dan nilai semangat yang tetap tertanam dengan meyakini pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara.

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., berpesan kepada para mahasiswa baru agar tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diperoleh untuk belajar di perguruan tinggi.

“Pertama, jangan sia-siakan kesempatan yang diperoleh untuk menikmati pendidikan tinggi. Kesempatan ini merupakan karunia Allah, dan bentuk rasa syukur anda atas karunia tersebut adalah dengan belajar dan bekerja keras agar anda dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan,” pesannya.

Selain itu, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., melanjutkan, mahasiswa harus menjadi agen perubahan yang terus menjunjung tinggi nilai nasionalisme, cinta tanah air, patriotisme, dan toleransi. “Anda semua harus menjadi agen perubahan. Jadilah agen yang konsisten untuk terus menyuarakan nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air, patriotisme, dan toleransi. Masa depan negara ini, seluruhnya berada di pundak kalian,” tegasnya.

Terakhir, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., berpesan agar para mahasiswa menjadi kaum intelektual yang tidak hanya memahami ilmu pengetahuan dengan baik tetapi juga menjunjung tinggi moralitas sosial.

“Tumbuh dan berkembanglah menjadi intelektual yang memahami ilmu pengetahuan tetapi juga menjunjung tinggi moralitas dan menghargai kehidupan sosial,” pungkasnya.

Editor: Rianza Putra