um-palembang.ac.id

Peduli Tenaga Medis, Universitas Muhammadiyah Palembang Serahkan Bantuan Face Shield Ke RSUD BARI

Palembang, um-palembang.ac.id – Universitas Muhammadiyah Palembang melalui Fakultas Teknik turut serta secara aktif dalam upaya pencegahan Covid 19. Kegiatan ini awalnya diinisiasi oleh dosen Program Studi Teknik Industri dan Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (KMTI) yang berupaya untuk memanfaatkan laboratorium yang mereka miliki untuk memproduksi face shield sederhana yang dapat digunakan oleh tenaga kesehatan, sekaligus bentuk kepedulian Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Kota Palembang.

Oleh karena itu, dalam kesempatan Senin (20/02/2020), Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, S.H., menerima 100 face shield dari Universitas Muhammadiyah Palembang yang diserahkan oleh Wakil Rektor III Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P. Hadir pula di lokasi penyerahan, Direktur Utama RSUD Palembang BARI dr. Hj. Makiani, S.H., M.M., MARS., yang menerima secara simbolik menerima donasi ini.

um-palembang.ac.id

Dalam kesempatan ini dr. Hj. Makiani, S.H., M.M., MARS., mengucapkan “Alhamdulillah berkat dukungan dari para donatur saat ini untuk ketersediaan APD di RSUD Bari masih cukup” meskipun begitu beliau menambahkan “Beragam jenis support akan sangat dihargai, karena pelayanan kesehatan harus tetap berjalan”. 

Sementara itu Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda memberikan apresiasi, karena APD diproduksi mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang. “Alhamdulillah bantuan berdatangan berupa APD untuk mendukung tenaga medis di kota Palembang,” ujarnya.

Wakil Rektor III UM Palembang Dr. Ir. Mukhatrudin Muchsiri juga menyebutkan bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang mendukung langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Palembang dalam menanggulangi Covid 19. Hal ini disambut baik oleh Wakil Walikota Palembang yang juga sempat menegaskan bahwa beliau sangat mengapresiasi kegiatan donasi seperti ini yang menghubungkan Perguruan Tinggi dengan Pemerintahan,

“Tidak melihat dari jumlahnya namun bentuk perhatiannya karena dalam kegiatan pencegahan Covid-19 ini Pemerintah tidak dapat bergerak sendiri harus ada kerja sama yang baik dari berbagai pihak” ungkapnya.

Disampaikan pula oleh Ketua Program Studi Teknik Industri bahwa saat ini hasil karya mahasiswanya ini telah didistribusikan ke beragam tempat, diantaranya RS Muhammadiyah Palembang, RS Muhammad Hosein, RS Rivai Abdullah, RS Ar rasyid, RS Paru, dan beberapa klinik serta Rumah Sehat Covid-19 yang terletak di Jakabaring. Untuk saat ini kegiatan produksi masih berlangsung selama donasi masih mengalir, face shield akan didistribusikan bagi yang membutuhkan selama persediaan masih ada.

Program Studi Teknik Industri juga mendapat dukungan yang baik dari pihak Fakultas Teknik dalam menjalankan kegiatan ini, hal ini terlihat dalam beberapa kesempatan serah terima donasi senantiasa didampingi oleh Pihak Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang.

Pandemi ini telah menghantui penjuru dunia dan saat ini di Palembang sendiri jumlah pasien positif meningkat, akan tetapi kita harus yakin bahwa kita dapat melewati ini semua dengan saling mendukung dan peduli sesama. Ada analogi menarik, bahwa Garda terdepan sesungguhnya adalah diri kita sendiri, kita yang harus membentengi diri, menjaga agar senantiasa sehat dan tidak terjangkit virus.

Sehingga kita tidak perlu membuat para dokter, perawat, tenaga kesehatan yang telah dengan tulus membaktikan dirinya untuk menyelamatkan nyawa orang lain harus berjatuhan karena meningkatnya jumlah pasien. Dukung pemerintah dengan menerapkan Perilaku Hidup Berish dan Sehat (PHBS), menggunakan masker kain dan stay at home jika memang tidak ada keperluan untuk pergi keluar.

“Harapannya dengan melakukan ini, maka kita dapat memutus rantai Covid19 dan kembali beraktivitas normal seperti biasa, layaknya yang semua orang rindukan saat ini” ulasnya.

Untuk diketahui donasi Face shield Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang ini sudah disalurkan di RS Muhammadiyah Palembang : 27 pcs, RS Ar Rasyid 16 pcs, RS Muhammad Hoesin 80 pcs, RS Rivai Abdullah (Kundur) 70 pcs, RS Paru 25 pcs, Rumah Sehat Covid 19 Jakabaring 10 pcs, Klinik dr. Aisyah Ghani 6 pcs, Klinik Sehat Mulia 10 pcs, Ke Prabumulih 20 pcs, dan RS BARI 100 pcs.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.