universitas-muhammadiyah-palembang-umpalembang-00017

Perangi Hoax, PC IMM UMPalembang Gelar FGD Tentang Peran Media

Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Palembang (PC IMM UMPalembang) menggelar Forum Group Diskusi (FGD) Peran Media dalam Proses Pembangunan Bangsa yang Berkarakter dan Berbudaya, di Hotel Princess Komplek Ilir Barat Permai.

Kegiatan FGD tersebut diikuti perwakilan BEM dari perguruan tinggi di kota Palembang, UKM di lingkungan UMPalembang, dan perwakilan media massa di kota Palembang baik media cetak maupun media online.

Wakil Rektor III UMPalembang Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., dan Ir. Aris Munandar, MPSDA., Kominfo Kota Palembang, serta Pimpinan Redaksi Harian Sumatera Ekspres Nurseri Marwa, menjadi narasumber dalam FGD tersebut.

Ketua PC IMM UMPalembang IMMawan Ardian Aditya mengatakan, FGD ini digelar dalam rangka memerangi maraknya berita yang tidak benar (Hoax) saat ini, karena peran media sangat besar dan media dapat membuka cakrawala dunia. Peran Media massa patut diperhitungkan karena media dengan segala variansnya dapat membentuk pola berfikir karakter masyarakat.

“Media kedepan harus dapat membangun karakter bangsa dan berbudaya dengan mengedepan kebenaran. Karena media juga yang akan mengarahkan kebenaran yang terjadi, dan semoga kita menjadi orang-orang yang selalu memanfaatkan media dengan baik” ungkap IMMawan Ardian Aditya.

Dalam kegiatan FGD ini juga turut digelar Deklarasi Anti Hoax oleh perwakilan mahasiswa dan media massa di kota Palembang.

Sementara itu, Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., dalam sambutanya mengungkapkan, Media sangat berperan dalam menentukan kebenaran dengan berbagai sajian berita media massa yang sangat pariatif dalam menyajikan informasi dengan sangat cepat.

“Media sosial juga sangat besar pengaruhnya. Peran sosial media kedepan harus baik karena harus menguatkan, dan FGD ini menjadi salah satu barisan dalam meminimalisir berita yang tidak benar (Hoax) dan sehingga dalam menggunakan media kedepan dapat terbentuk karakter bangsa yang berbudi luhur” tambah Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P.

Posted in Berita.