umpalembang.ac.id

Gelar Wisuda, Universitas Muhammadiyah Palembang Luluskan 1241 Mahasiswa

Palembang, umpalembang.ac.id – Universitas Muhammadiyah Palembang kembali mewisuda mahasiswanya. Sebanyak 1.241 mahasiswa berhasil diluluskan dan dikukuhkan menjadi alumni baru pada acara Wisuda Program Sarjana Strata I (S1) Ke-67 dan Pascasarjana Strata II (S2) Ke-28 Periode II Tahun Akademik 2019/2020 yang bertempat di OPI Convention Center Jakabaring Palembang, Kamis (31/10/2019).

Secara rinci, Universitas Muhammadiyah Palembang mewisuda 268 peserta dari Fakultas Teknik, 319 peserta dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 224 peserta dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 78 peserta dari Fakultas Pertanian, 113 peserta dari Fakultas Hukum, 95 peserta dari Fakultas Agama Islam, 86 peserta dari Fakultas Kedokteran, dan 58 peserta dari Program Pascasarjana.

umpalembang.ac.id

Untuk Alumni terbaik pada wisuda tersebut diraih oleh M. Budi Kurniawan dari Fakultas Teknik dengan IPK 3,79., Ikariya Fransiska dari FEB dengan IPK 3,71., Tamara Becce Tenridinanti dari FKIP dengan IPK 3,93., Yussi Sandela dari Fakultas Pertanian dengan IPK 3,83., Agung Dwi Prakoso dari Fakultas Hukum dengan IPK 3,67., Siti Nurhasanah dari Fakultas Agama Islam dengan IPK 3,73., dan Nadia Khoirunnisa Pasaribu dari Fakultas Kedokteran dengan IPK 3,81.

Sedangkan dari Program Pascasarjana, alumni terbaik diraih oleh Tarsidi dari Prodi Ilmu Hukum dengan IPK 3,96., Nurul Mardiyyah Pratiwi dari Prodi Manajemen dengan IPK 3,98., dan Angghi Dwi Putri Pratiwi dari Prodi Pendidikan Biologi dengan IPK 4,00.

Wisuda ini juga turut dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Ir. H. Mawardi Yahya, Ketua L2Dikti Prof. Dr. Slamet Widodo, M.S., Wakil Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., Ketua BPH Dr. H.M. Idris., dan Senat UMPalembang.

Dalam pidatonya, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi setiap perguruan tinggi baik dalam ilmu pengetahuan maupun menghasilkan lulusan, semakin hari semakin berat. Karena tidak hanya dihadirkan oleh dinamika ilmu pengetahuan atau makin ketatnya penerimaan market terhadap lulusan yang dihasilkan perguruan tinggi. Melainkan tantangan yang lahir dari kompetisi perguruan tinggi sendiri guna menjadi lembaga pendidikan terbaik.

Ia melanjutkan, tantangan tersebut mengharuskan setiap perguruan tinggi mencari inovasi untuk mengatasinya, Universitas Muhammadiyah Palembang, terus berikhtiar menjadi perguruan tinggi yang memiliki marwah dalam pengembangan tradisi kajian keilmuan dengan di landasi nilai nilai ke-Islaman dan kemuhammadiyahaan.

“Kepada saudara–saudara yang hari ini di wisuda, saya ingin mengingatkan bahwa bangsa Indonesia telah menunggu karya-karya inovatif saudara , sebagai alumni UMPalembang saudara harus mampu bersaing dalam tatanan global, untuk itu anda harus tetap belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah di dapat selama menempuh pendidikan dikampus UMPalembang” ungkapnya.

Pada kesempatan yang Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec., mengucapkan selamat dan sukses kepada lulusan alumni Universitas Muhammadiyah Palembang yang telah diwisuda hari ini. Karena Posisi UMPalembang dari sisi jumlah mahasiswa yang berkisar 13000. Hal ini menunjukan UMPalembang memiliki kampus yang berkualifikasi besar.

“Tantangan saudara yang diwisuda semakin berat, revolusi industri 4.0 menjadikan saudara harus meningkatkan kemampuan mengakses teknologi. Karena semua akses dunia pekerjaan melalui teknologi” jelasnya.

Lanjutnya, saat ini banyak sudah lapangan kerja sudah terisi dengan chip teknologi yang sudah tersedia saat ini. Hal ini menjadikan tenaga manusia mulai tergusur dengan sendirinya. Oleh karena itu Rektor UMPalembang harus selalu peduli dengan pengembangan sumber daya manusia terkhusus dosen, karena dalam PTM sendiri UMPalembang memiliki dosen bergelar doktor yang terbanyak PTM diluar pulau Jawa.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.