umpalembang.ac.id

Kembangkan Jiwa Wirausaha, Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Ajari Mahasiswa Merajut Benang

Palembang, umpalembang.ac.id – Dalam rangka mengembangkan jiwa berwirausaha, dosen dari Program Studi (Prodi) Administrasi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) mengadakan pelatihan benang menjadi kerajinan.

umpalembang.ac.id

Pelatihan merajut benang wol tersebut dalam bagian pengabdian pada masyarakat sebagai implementasi mata kuliah kewirausahaan bagi mahasiswa dan dosen di FKIP UMPalembang.

Pelatihan merajut benang wol ini diketuai oleh Dra. Hj. Rosmini Djohari, M.M., dengan anggota Samsilayurni, S.Pd., M.Si., dan Rizky Wiiyanri, pada 20-21 November 2019 yang lalu.

Dra. Hj. Rosmini Djohari, M.M., menuturkan bahwa pelatihan ini mengambil fokus pada pemberdayaan bagi mahasiswa dan dosen di FKIP UMPalembang melalui Kerajinan Rajutan. Khusus mahasiswa, pelatihan ini memberikan keterampilan yang lebih kepada mahasiswa.

umpalembang.ac.id

“Kami ingin dengan bahan baku yang murah bisa menghasilkan rajutan yang bernilai lebih dan nantinya bisa dijual oleh mahasiswa kepada masyarakat” jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa implementasi mata kuliah kewirausahaan ini mencoba membuat pelatihan kepada mahasiswa dengan modal sangat minim. ”Intinya memberikan keahlian kepada mahasiswa agar dapat membuka lapangan pekerjaan, dan bahan dasar benang wol yang akan dibuat menjadi softcase handphone, dompet, mantel dan topi. Bisa juga nanti bentuk lainnya,” bebernya.

Dra. Hj. Rosmini Djohari, M.M., juga menambahkan bahwa pelatihan ini menjadi pengabdian masyarakat merupakan kewajiban bagi setiap dosen dan tercantum dalam Tri Darma Perguruan Tinggi. “Ini bagian dari peningkatan kemampuan dan sumbangsih keilmuan kami. Setiap dosen tidak hanya bertugas memberikan pengajaran kepada mahasiswa dan mahasiswi, tetapi juga harus melakukan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.