umpalembang.ac.id

226 Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Palembang Siap Perkuat Bumdes Sumsel

Palembang, umpalembang.ac.id – Mahasiswa semester akhir yang tengah menyusun skripsi baik dari program studi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang (FEB UMPalembang) serta beberapa alumni, Minggu (17/11) kemarin mengikuti Pelatihan Pendamping Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

umpalembang.ac.id

Pelatihan Bumdes tersebut dilakukan sebagai bukti dukungan FEB UMPalembang terhadap misi pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan menciptakan badan usaha yang dikelola masyarakat dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada disuatu desa. Sekaligus menjadi tulang punggung perekonomian pemerintah desa.

Disampaikan Dekan FEB UMPalembang, Drs H Fauzi Ridwan MM, kegiatan diikuti sebanyak 226 orang peserta dari mahasiswa aktif dan beberapa alumni sebagai upaya membekali mereka tentang pengetahuan dan keterampilan pendirian, pengurusan, pengelolaan dan penguatan Bumdes di Sumsel. Menyiapkan mahasiswa semester akhir sebagai tenaga SDM handal untuk menjadi pendamping Bumdes sekaligus menjembatani permasalahan Bumdes melalui akademik.

umpalembang.ac.id

“Kegiatan ini merupakan kerja bareng FEB UMPalembang dengan Sekolah Manajemen Bumdes Yogjakarta. Menghadirkan 18 pemateri yang merupakan Dosen Tetap UMPalembang yang bersertifikat Training of Trainer (ToT) dari Sekolah Manajemen Bumdes,” ujarnya.

Fauzi menuturkan, besarnya dana yang disiapkan dan digelontorkan pemerintah terkait pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, maka timbul banyak permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan Bumdes, terutama masalah SDM serta isu miring kurang profesionalnya pengelolaan Bumdes di beberapa daerah.

“Tujuan didirikannya Bumdes ini untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), karena itu perlu didukung pendamping pengelolaan manajemen Bumdes dalam penyempurnaannya. Kita berharap Bumdes dapat berjalan dengan baik sesuai dengan program kerjanya. Sehingga pendapatan desa yang bersangkutan dapat meningkat yang berimbas kesejahteraan masyarakat juga meningkat,” pungkas Fauzi.

Kegiatan pelatihan pendamping BUMDES meliputi pre test, regulasi dan filosofi Bumdes, pemetaan dan potensi desa. Pemilihan jenis usaha dan pendirian Bumdes. Penguatan model bisnis dan tata kelola Bumdes. Serta akuntansi dan evaluasi dan pertanggungjawaban Bumdes.

 

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.