um-palembang.ac.id

Pengabdian Masyarakat Dosen FEB UMPalembang, Tingkatkan Ketrampilan Bendahara di Sekolah Muhammadiyah Bukit Kecil

Palembang, um-palembang.ac.id – Salah satu tujuan terselenggaranya catur dharma pendidikan tinggi Muhammadiyah dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan tinggi Muhammadiyah.

Melalui tujuan tersebut, Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) rutin melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, khususnya di sekolah.

um-palembang.ac.id

Senin tanggal 27 Januari 2020 bertempat di Komplek Sekolah Muhammadiyah Bukit Kecil Palembang, dosen-dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMPalembang Dr. Sa’adaah Siddik, S.E., Ak., M.Si., CA., dan Welly, S.E., M.Si., dibantu oleh mahasiswa Ayu Rama Ningsih melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan pengabdian tersebut mengambil tema “Peningkatan Kompetensi Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Pada Sekolah Muhammadiyah di Bukit Kecil Kecamatan Ilir Barat I Palembang”.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini didukung Ketua Majelis Dikdasmen Cabang Muhammadiyah Bukit Kecil Syahril, S.Pd.I., dan dalam kata sambutanya ia menyambut baik kegiatan ini, yang di ikuti oleh bendahara sekolah SD Muhammadiyah 1, SMP Muhammadiyah 1, MTS Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2 dan MA Muhammadiyah 1.

“Melalui kegiatan ini kami mengharapkan bimbingan dan pengarahan dalam pengelolaan keuangan sekolah. Selain itu juga diharapkan kegiatan ini berkelanjutan demi terwujudnya peningkatan ketrampilan dan keseragaman dalam penyusunan laporan keuangan sekolah khususnya sekolah yang dibawah naungan Muhammadiyah Bukit Kecil Palembang” ungkapnya.

Sementara itu menurut narasumber, Dr. Sa’aadah Sidik, S.E., Ak., M,Si, CA., kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan ketrampilan Bendahara-Bendahara sekolah dalam penggunaan sistem informasi akuntansi keuangan sekolah. Materi yang disampaikan mengenai proses akuntansi yang dimulai dari bukti transaksi, jurnal, posting ke buku besar, neraca saldo, laporan keuangan.

“Produk yang diharapkan dari kegiataan ini adalah terbentuknya keseragaman format penyusunan laporan keuangan. Sehingga laporan keuangan sekolah di komplek Muhammadiyah Bukit Kecil bisa di konsolidasi menjadi laporan keuangan unit usaha PCM” jelasnya.

Selain itu narasumber kedua Welly, S.E., M.Si., memberikan pelatihan mengenai pemberikan dan klasifikasi kode rekening, tujuannya untuk memberikan keseragaman dalam setiap item transaksi.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.