Gandeng UM Palembang, Kemendikbud Ristek Gelar Workshop Peningkatan Peringkat Jurnal Terakreditasi

um-palembang.ac.id – Menggandeng Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang sebagai mitra penyelenggara, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibud Ristek) menggelar Workshop Peningkatan Peringkat Jurnal Terakreditasi, pada Senin-Selasa, 28-29 Juni 2022.

Kegiatan yang digelar di Hotel Wyndham Jakabaring Palembang ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Palembang Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, Ni Nyoman Nepi Marleni, Lucky Zamzani, dan Nurhidayatuloh, dengan peserta dosen di perguruan tinggi Sumbagsel.

Koordinator Jurnal Kemendikbud Ristek Yoga Dwi Arianda mengatakan bahwa workshop peningkatan peringkat jurnal terakreditasi ini bertujuan meningkatkan kualitas jurnal terakreditasi menuju peringkat 1, dan menginternasionalkan jurnal jurnal dosen di Indonesia.

Diharapkan adanya workshop tersebut, jurnal dosen segera naik peringkat jurnal terakreditasi bahkan masuk scopus, dan ilmu yang didapat dalam workshop ini dapat diteruskan kepada dosen-dosen yang lain di perguruan tinggi masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., menuturkan bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang menyambut baik kegiatan ini dan siap selalu menjadi mitra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam peningkatan jurnal.

Workshop ini sangat penting dilakukan sebagai upaya peningkatan mutu dan akreditasi jurnal perguruan tinggi. “Jurnal yang berkualitas ditandai dengan terindeksnya jurnal tersebut oleh lembaga indeks jurnal nasional, sehingga kegiatan ini sangat penting guna peningkatan mutu juga akreditasi jurnal kita bagus dan berkualitas,” tuturnya.

Guru Besar Universitas Muhammadiyah Palembang juga menekankan bahwa workshop peningkatan peringkat jurnal terakreditasi ini menjadi bagian dalam perbaikan tata kelola jurnal dosen diperguruan tinggi yang nanti dampaknya bagi peringkat jurnal dosen.

“Dedikasi pengelola jurnal itu sangat hebat, karena jurnal menjadi tolak ukur kualitas dosen di perguruan tinggi” tambahnya.

Editor: Rianza Putra