um-palembang.ac.id

Gubernur Sumsel Lepas 1489 Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Palembang, Siap Bersinergi dengan Masyarakat

Palembang, um-palembang.ac.id – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru, S.H., M.M, yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs. H. Riza Pahlevi, M.M., dan Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., melepas 1489 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Non Posko Angkatan Ke-55, Kamis (21/1/2021), dan pelaksanaan KKN tersebut dimulai 21 Januari hingga 4 Maret 2021.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, LPPM, Pengelola LPKKN, Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Bupati dan Walikota serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sumatera Selatan yang menyaksikan melalui Zoom Meeting dan Kanal Youtube Universitas Muhammadiyah Palembang.

um-palembang.ac.id

Dalam sambutanya Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengatakan, KKN kali ini dirasakan sangat berbeda dengan kegiatan yang dilaksanakan pada periode-periode sebelumnya, karena berlangsung pada saat dunia masih dilanda Pandemi Corvid-19, dimana kita dipaksa untuk hidup dalam suasana baru atau New Normal. Kegiatan KKN dimana Mahasiswa yang seharusnya dapat berinteraksi dan bersinergi secara langsung kepada masyarakat dalam mengamalkan ilmu pengetahuan yang di dapatkan di kampus, menjadi sangat terbatas karena dibatasi oleh protokol kesehatan.

“Kegiatan KKN di tengah masa pandemi Covid-19, diharapkan agar mahasiswa meng-edukasi atau memberikan pemahaman warga masyarakat terhadap pandemi Covid-19 secara benar. Di samping itu diminta Juga kepada mahasiswa untuk membantu mensosialisasikan pola hidup “New Normal” terhadap kelompok masyarakat, sehingga Pandemi virus corona ini dapat segera berlalu” ulasnya.

um-palembang.ac.id

Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menjelaskan, KKN mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang tidak semata-mata sebagai pemenuhan dari kurikulum yang ada tetapi lebih dari itu kegiatan KKN juga bagaimana mahasiswa dapat berinteraksi dengan masyarakat dalam menerapkan ilmu yg telah ia dapat bahkan lebih dari itu sebagai mahasiswa yang di didik di kampus yang mempunyai Motto “Unggul dan Islami”.

“Saya berpesan mahasiswa peserta KKN Angkatan Ke-55 Universitas Muhammadiyah Palembang harus bisa menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat khususnya dalam beribadah, sehingga tujuan dari Muhammadiyah untuk mensyiarkan Islam akan dapat terwujud” ungkapnya.

um-palembang.ac.id

Pada kesempatan yang sama, Drs. Riza Pahlevi, M.M., menambahkan, pandemi covid-19 merubah metode pelaksanaan KKN tahun ini, oleh karena itu mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Palembang harus menjadi solusi dalam penyelesaian, dan menjadi motor penggerak untuk mensosialisasikan protokol kesehatan ditengah masyarakat, yakni menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

“Berbicara KKN Universitas Muhammadiyah Palembang maka Pemprov Sumsel memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena KKN menjadi bagian mahasiswa dalam pengabdian di masyarakat yang wajib dijalani oleh mahasiswa” jelasnya.

IMG_1560

Pemerintah Provinsi Sumsel berharap, KKN Universitas Muhammadiyah Palembang dapat mengembangkan daerah dan mensosialisasikan program kerja yang dapat membantu masyarakat, serta membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program vaksinasi Covid-19 di Provinsi Sumsel.

“Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang selamat mengikuti KKN secara mandiri, dan junjung selalu “SEHAT” Sains selalu diisi, Etika dijunjung, Hasilkan prestasi, Aplikasikan program kerja, Tangguh menjaga imunitas karena masyarakat harus berkembang dan maju bersama” tambahnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.