um-palembang.ac.id

Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriah Jatuh Pada 24 April 2020

Palembang, um-palembang.ac.id – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriah di kalender Masehi. Awal Ramadan ditetapkan jatuh pada hari Jumat, 24 April 2020 Miladiah.

Hal ini berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor: 01/MLM/I.0/E/2020 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1441 Hijriah tersebut disampaikan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumsel Prof. Dr. H. Romli SA, M.Ag., dalam konferensi pers bersama media, Selasa (24/3/2020).

“Tanggal 1 Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada hari Jumat Kliwon, 24 April 2020 Miladiyah,” ungkap Prof. Dr. H. Romli SA, M.Ag., Ketua PWM Sumatera Selatan dalam konferensi persnya.

um-palembang.ac.id

Sementara itu, Prof. Dr. Romli SA, M.Ag., menuturkan bahwa berdasarkan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Ahad Kliwon, 24 Mei 2020 Miladiyah.

Turut hadir dalam konferensi pers bersama media tersebut, Sekretaris PWM Sumsel H. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., Wakil Sekretaris Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., dan Drs. H. Hasbi Assidiqqie, M.Pd.I.

Hadir juga Wakil-Wakil Ketua PWM Sumsel diantaranya H. Novrizal Nawawi, Lc., M.Pd.I., Dr. H.M. Idris, S.E., M.Si., Dr. Ir. Mukhtarudin Muhcsiri, M.P., Dr. Purmansyah, S.Ag., M.Hum., Drs. Abu Hanifah., dr. Pangestu Widodo MARS., Wakil Ketua Majelis Tarjih Drs. Sunaryo, M.H.I., dan Kuswanto, M.Kes., MDMC PWM Sumsel.

Prof. Dr. Romli SA, M.Ag., mengungkapkan penetapan ini dilakukan berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal, yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Majelis Tarjih dan Tajdid setiap sepanjang tahun rutin dalam mengkaji semua bulan Komariah.

“Sedangkan 1 Zulhijah 1441 Hijriah jatuh pada hari Rabu Wage, 22 Juli 2020 Miladiyah dan maklumat ini menjadi pegangan keluarga besar Muhammadiyah dalam menjalankan ibadah mahdoh, utamanya ibadah Puasa karena merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh masyarakat” jelasnya.

Prof. Dr. H. Romli SA, M.Ag., menambahkan, konferensi pers ini juga menjadi bagian penegasan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah bagian dari penegasan terhadap penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1441 Hijriah.

Guru Besar Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang ini juga menghimbau kepada masyarakat untuk menyambut bulan puasa ramadan tahun 1441 Hijriah ini dengan hati dan sikap yang teduh mengingat wabah Covid-19 yang sedang melanda beberapa wilayah di Indonesia.

“Kepada seluruh masyarakat khususnya warga Muhammadiyah dan masyarakat di Sumsel untuk selalu berhati-hati dan mengurangi aktivitas dikeramaian jika hal tersebut tidak mendesak, dan mari kita penuhi ladang amal dengan melakukan banyak aktivitas ibadah di bulan Ramadan 1441 H tahun ini” ungkapnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.