um-palembang.ac.id

Pengajian Rutin di Universitas Muhammadiyah Palembang

Palembang, um-palembang.ac.id – Pengajian rutin pegawai dan pimpinan Kantor Pusat Administrasi Universitas Muhammadiyah Palembang yang diikuti Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., Jajaran Wakil Rektor, Kepala Lembaga dan Biro di lingkungan UMPalembang (18/5/2020).

Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., menjadi narasumber dalam pengajian tersebut.

um-palembang.ac.id

Dalam materinya, Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., menyampaikan bahwa saat masuk 10 hari terakhir, banyak keutamaan yang dapat diraih karena di malam tersebut merupakan waktu turunnya malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari 1.000 bulan. Lailatul Qadar adalah malam turunnya Al Quran dari Lauful Mahfudz ke Baitul Izzah (langit) dunia.

Ia melanjutkan bBeberapa amalan yang dapat dilakukan ketika memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah Tadarus Al Quran, iktikaf, memperbanyak doa dan zikir, serta perbanyak shalat malam

“Karena shaum dan al-quran yang tidak terbatas safaatnya untuk umat manusia” jelasnya.

Doktor Ilmu Pertanian ini juga menambahkan bahwa malam Lailatul Qadar, malam yang penuh kemuliaan inilah Al Quran. Beribadah di malam Lailatul Qadar, pahalanya sama dengan seribu bulan.

“Kalau dikonversi dalam hitungan kita setidaknya (seribu bulan) ada 83 tahun. Jadi nilai satu malam itu kurang lebih 83 tahun. Lailatul Qadar menjadi malam yang istimewa karena ibadah yang dilakukan pada malam tersebut sama dengan pahala ibadah selama 1000 bulan” tambahnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.