um-palembang.ac.id

Sambut 120 Maba, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang Gelar PK2MB 2020

um-palembang.ac.id – Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) Tahun Akademik 2020/2021 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini sebanyak 120 mahasiswa baru (maba) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang mengikuti PK2MB secara virtual melalui media daring zoom, karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Hadir secara daring dalam kegiatan tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., Dekan Fakultas Kedokteran dr. Yanti Rosita, M.Kes., Wakil Dekan, Kapordi, dosen, dan pegawai dilingkungan Fakultas Kedokteran.

Diawal sambutanya, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengucapkan selamat datang di kampus hijau Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang kepada seluruh mahasiswa baru, kendati pun kehadiran kalian semua hanya melalui media virtual zoom, semoga saja tidak mengurangi makna dari silaturahim kita, selanjutnya kita berharap Pandemi Virus Covid-19 ini segera berakhir sehingga kita dapat berjumpa sesungguhnya di kampus Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang.

um-palembang.ac.id

“Mengawali sambutan, izinkan saya menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan anda untuk melampaui persaingan yang ketat meraih tempat untuk belajar di Fakultas Kedokteran ini. Selanjutnya kami ingin menyampaikan juga, tidak semua calon mahasiswa yang berminat dapat diterima menjadi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Palembang. Kita telah menseleksi saudara-saudara dari ribuan calon mahasiswa yang mendaftar melalui seleksi yang ketat berdasarkan hasil ujian masuk yang diselenggarakan oleh panitia seleksi, dan saudara adalah 120 mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang terpilih” ulasnya.

“Dan sekali lagi, saya ucapkan juga terima kasih kepada orang tua saudara dan saudara sendiri yang telah memilih Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Kami berharap anda dapat segera menyesuaikan diri dan mampu berkarya secara baik dengan modal suasana akademik yang ada di kampus unggul dan islami ini” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa saat ini kita sedang melalui krisis pandemi COVID–19. Krisis yang memakan begitu banyak nyawa. Krisis yang menjadi tantangan luar biasa bagi negara kita dan seluruh dunia. Tetapi, dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa kita terapkan saat ini dan setelahnya.

um-palembang.ac.id

Untuk pertama kalinya, dosen dan mahasiswa melakukan pembelajaran secara daring atau online, menggunakan tools atau perangkat baru, dan menyadari bahwa sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di manapun, karena pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi yang efektif dari, dosen, dan mahasiswa. Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi.

Ia mengatakan, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang adalah fakultas kedokteran yang berdiri di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia yang mempunyai visi “menjadi salah satu fakultas kedokteran yang terkemuka, unggul, bermutu dan Islami dalam pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, peduli terhadap tuntutan pelayanan kesehatan sesuai dengan perkembangan zaman, menjunjung tinggi etika profesional yang berwawasan kebangsaan dan kebersamaan pada tahun 2017 dan meunju standar internasional pada tahun 2022”.

Visi ini dicapai dengan serangkaian proses pembelajaran di Fakultas Kedokteran menggunakan kurikulum berbasis pendidikan keIslaman yang terintegrasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan bersama, penelitian yang inovatif dan kolaboratif serta pengabdian masyarakat dan pengembangan karakter yang diharapkan mampu membentuk penyedia layanan kedokteran yang profesional, humanis, religius, dan moralis.

“Fakultas Kedokteran memiliki 2 program studi yaitu Program Studi Kedokteran, dan Profesi Dokter. Di sini adik-adik akan dibimbing oleh para dosen pengajar yang berkualitas untuk pencapaian kompetensi berbasis klinis maupun non klinis guna mempersiapkan para penyedia layanan kedokteran dan kesehatan yang cerdas, terampil, mumpuni, dan memiliki nilai-nilai luhur terkait etika profesi” jelasnya.

Doktor Ilmu Ekonomi ini juga menambahkan, saat ini generasi milenial memiliki karakter yang cerdas, peduli, energik, dan bersemangat sehingga kami berupaya untuk mendukung adik-adik secara akademik, profesional, maupun personal.

Untuk itu, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang akan selalu meningkatkan kerjasama dengan banyak universitas baik di dalam maupun di luar negeri terkait Chatur Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan karakter dan kepemimpinan mahasiswa maupun dosen dilakukan melalui berbagai program pertukaran pelajar, research attachment, pertemuan ilmiah, dan beberapa program akademik serta non akademik lainnya. Selain itu, serangkaian organisasi dan kegiatan kemahasiswaan serta program bimbingan konseling dan pengembangan karier juga disiapkan untuk dimanfaatkan guna mendukung mahasiswa fakultas kedokteran secara personal.

Diakhir sambutanya, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., memberikan pesan melalui pantun petuah, “Beli Tekwan di Pasar Lemabang., Tekwan Dibuat dari Ikan Gurami., Selamat Datang di FK UMPalembang., Calon Dokter Paripurna Yang Islami”.

“Memilah Kertas Menutup Lubang., Kertas Dipilah Memakai Carter., Terima Kasih Telah Memilih FK UMPalembang., Tempat Yang Tepat Untuk Menjadi Dokter”.

 

Editor: Rianza Putra

 

 

Posted in Berita.