um-palembang.ac.id

Terapkan Protokol Kesehatan, 1024 Lulusan Universitas Muhammadiyah Palembang Diwisuda

um-palembang.ac.id – Universitas Muhammdiyah Palembang menggelar wisuda terhadap 1024 lulusan dalam Wisuda Program Sarjana (S1) Ke-69 dan Pascasarjana (S2) Ke-30, yang digelar 2 hari, Rabu – Kamis, 25 – 26 November 2020 di Ballroom Hotel Wyndham Palembang yang dibagi menjadi 4 sesi dengan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

Wisuda Program Sarjana (S1) Ke-69 dan Pascasarjana (S2) Ke-30 Universitas Muhammadiyah Palembang kali ini berbeda dengan wisuda tahun sebelumnya, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat demi mencegah resiko penularan Covid-19. Rangkaian prosesi wisuda dilaksanakan secara terbatas dan mengikuti protokol kesehatan covid-19 dengan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

um-palembang.ac.id

Alumni terbaik dari Fakultas Teknik diraih oleh Desi Natasya dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,71., dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis diraih oleh Mutiara Indah dengan IPK 3,76., dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diraih oleh Megawati dengan IPK 3,89., dari Fakultas Pertanian diraih oleh Agri Aditya dengan IPK 3,77., dari Fakultas Hukum diraih oleh Meris Yulisa dengan IPK 3,79., dari Fakultas Agama Islam diraih oleh Dewi Ratih dengan IPK 3,80., dan Fakultas Kedokteran diraih oleh Rara Krisdayanti dengan IPK 3,66.

Sedangkan dari Alumni Terbaik dari Program Pascasarjana diraih oleh Yusri dari Prodi Magister Hukum dengan IPK 3,96., Fabrizal Lubis dari Prodi Magister Hukum dengan IPK 3,96., Andi Azwar Aziz dari Prodi Magister Manajemen dengan IPK 3,90., Fidia Lestari dari Prodi Magister Pendidikan Biologi dengan IPK 4,00., dan Reno Winaldo dari Prodi Magister Teknik Kimia dengan IPK 3,96.

um-palembang.ac.id

Turut hadir dalam Wisuda tersebut, Sekretaris Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah II Dr. Nuril Furkan, M.Pd., Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan Prof. Dr. Romli SA., M.Ag., Ketua Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. H. M. Idris, S.E., M.Si., dan Anggota Senat Universitas Muhammadiyah Palembang.

Pada kesempatan ini, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, kepada peserta wisuda, yang telah meluangkan waktu yang sangat berharga, untuk menghadiri acara wisuda ini. Karena pada saat ini, digelar rangkaian wisuda lulusan Universitas Muhammadiyah Palembang sebanyak 1024 lulusan, yang terdiri atas, lulusan program Sarjana (S-1), program Magister (S-2).

um-palembang.ac.id

Ia melanjutkan, program pengembangan yang dilakukan sampai dengan tahun akademik 2020 – 2021 Universitas Muhammadiyah Palembang menyelenggarakan sebanyak 32 program studi; yang terdiri atas , 4 program Magister (S-2) dan 26 program Sarjana (S-1), 2 program profesi. Semua program studi, telah terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan rincian 16 % terakreditasi unggul (A) dan 82 % terakreditasi Sangat Baik (B) dan alhamdulilah syukur dua minggu yang lalu program studi Pendidikan Biologi (S1) FKIP) dan Prodi Akuakultur Fakultas Pertanian berhasil meraih Akreditasi Unggul (A) dari BAN-PT, dan ini berarti bahwa secara Institusional Universitas Muhammadiyah Palembang sudah memenuhi syarat minimal untuk mendapatkan akreditasi institusi Unggul (A).

um-palembang.ac.id

“Hasil akreditasi ini tidak saja membahagiakan kita semua tetapi juga membuktikan, bahwa kegiatan pengelolaan Universitas Muhammadiyah Palembang telah memenuhi bahkan melampaui standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) , sebagai mana yang ditentukan peraturan menteri Pendidikan nasional nomor 3 tahun 2020” ulasnya.

Menurutnya, sejumlah raihan dan prestasi kerja Universitas Muhammadiyah Palembang, pada dasarnya merupakan hasil dari sistem perencanaan yang efektif dan pelaksanaan program kerjanya yang berdisiplin. Muara dari sistem perencanaan tersebut berfokus pada peningkatan kualitas suasana akademik.

um-palembang.ac.id

Karena aspek yang dibangun oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif adalah dengan pelaksanaan siklus penjaminan mutu dengan menerapkan pola PPEPP ( Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Peninjauan dan peningkatan ), yang dilakukan secara berkelanjutan. Mutu atau kualitas telah dijadikan filosofi dasar dalam mengelola kegiatan akademik dan non akademik.

Semua sistem layanan telah ditentukan deskripsi mutunya, pelaksanaannya dimonitor, dan hasilnya dievaluasi secara berdisiplin, Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) telah dideskripsikan secara rinci; isi ketentuannya diimplementasikan secara berdisiplin dalam semua jenis layanan akademik maupun non akademik mulai dari Universitas sampai ke Program studi.

um-palembang.ac.id

Ia menjelaskan, dibidang Pengembangan sarana dan Prasarana perkuliahan dikampus, saat ini dalam tahap pembangunan dengan tampilan baru dan megah sehingga hal itu mampu menciptakan keasrian lingkungan dan keinginan yang kuat bagi mahasiswa untuk berada di kampus dalam rangka mengelola pembelajaran mereka yang berkualitas.

Demikian juga dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM) baik Dosen maupun tenaga kependidikan dilaksanakan secara dan terprogram, saat ini kita telah memiliki 79 dosen berpendidikan Doktor (S3) dan masih banyak dosenn yang sedang menempuh pendidikan S3 baik didalam maupun diluar negeri sehingga terget agar 35 % dosen berkualifikasi Doktor pada tahun 2022 akan dapat tercapai.

um-palembang.ac.id

Demikian halnya dengan tenaga kependidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang terus berupaya agar memiliki tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugasnya serta memiliki sertifikasi dan kompetensi yang linear, sehingga diharapkan kualitas layanan kepada mahasiswa dan stakeholder akan sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu perkenankanlah kami menyampaikan pesan-pesan kepada Saudara-saudara yang hari ini diwisuda :
1. Jadikanlah Wisuda ini sebagai tonggak awal saudara untuk berkarya.
2. Teruslah Belajar untuk menjadi pintar, cerdas, berpengetahuan, berwawasan dan berusaha untuk mandiri.
3. Jangan Berhenti belajar karena menganggap dirinya sudah pintar, berarti ketertinggalan yang merugikan, Sebaliknya, keberhasilan yang telah saudara raih, merupakan pintu masuk untuk menjelajahi dunia ilmu yang luas.
4. Tetaplah Istiqomah dan amanah dalam menjalankan tugas dan pekerjaan saudara.

um-palembang.ac.id

“Universitas Muhamadiyah Palembang, tempat Saudara menempa kehidupan intelektual selama ini, adalah suatu kehormatan, apabila Saudara berhasil, mendarma baktikan Ilmu dan Pengetahuan yang saudara miliki, dalam mengentaskan krisis kehidupan bangsa dan negara kita” jelasnya.

 

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.