um-palembang.ac.id

PPs Universitas Muhammadiyah Palembang Gelar FGD Strategi Peningkatan Klasterisasi Perguruan Tinggi

um-palembang.ac.id – Program Pascasarjana (PPs) Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar Focus Grup Diskusi (FGD) dengan tema “Strategi Peningkatan Klasterisasi Perguruan Tinggi”. Hadir sebagai narasumber Drs. Endang Taryono, Koordinator Substansi Penguatan PT, Direktorat Kelembagaan DIKTI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan Dr. Sri Rahayu, S.E., M.M., Direktur PPs Universitas Muhammadiyah Palembang, Senin (30/11/2020).

Dalam sambutanya, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M.,  menyambut baik kegiatan FGD) ini, karena akan dapat menjadi tolak ukur untuk menilai sejauhmana peringkat Universitas Muhammadiyah Palembang pada tahun 2021 yang akan datang, sehingga dapat memperbaiki kinerja ditahun mendatang dan Universitas Muhammadiyah Palembang dapat memperbaiki klasternya dari tahun sebelumnya.

Ia melanjutkan, memasuki usianya yang ke-41, Universitas Muhammadiyah Palembang terus melaksanakan pembenahan, perbaikan dan perubahan-perubahan sesuai dengan kemajuan Teknologi Informasi masyarakat global yang dinamis.

“Kami berusaha meningkatkan Mutu Pelayanan dan Penyelenggaran Pendidikan dalam upaya memperoleh Standar Akademik Pendidikan yang paripurna, melalui manajemen jaringan informasi yang luas dan kerja sama yang kondusif antar institusi baik di dalam maupun luar negeri” ulasnya.

Menurutnya, mewujudkan semua itu maka pembangunan dan pengembangan Universitas Muhammadiyah Palembang dilakukan sesuai Visi Misi Tujuan dan Sasaran yang diimplementasikan kedalam rencana strategis (RENSTRA) dan Rencana Operasional (RENOPS), diantaranya:

Di bidang Sumber Daya Manusia antara lain, Peningkatan kualifikasi pendidikan dosen berpendidikan S3 baik di dalam maupun di luar negeri saat ini Universitas Muhammadiyah Palembang sudah memiliki 81 Dosen yang berpendidikan Strata Tiga (S3) dan ada 48 dosen yang sedang melanjutkan pendidikan ke strata tiga (S3) di dalam dan luar negeri, disamping itu saat ini Universitas Muhammadiyah Palembang sedang memproses beberapa dosennya untuk mendapatkan jenjang jabatan akademik guru besar.

Bidang Akreditasi, Upaya peningkatan peringkat akreditasi yang telah dilakukan, secara perlahan sudah menunjukkan hasil yang baik, alhamdulilah syukur dalam satu semester ini ada dua tambahan program studi yang berhasil meraih akreditasi unggul (A), sehingga prosentasi program studi yang terakreditasi A (unggul) 19.5 %, dan yang lainnya sudah terakreditasi B ( Baik Sekali) , kita terus berusaha untuk meningkatkan jumlah program studi yang terakreditasi A , sehingga UM Palembang dapat memenuhi syarat minimal untuk dapat meraih akreditasi intitusi A ( unggul) di tahun 2024 yang akan datang.

Pada bidang Sarana dan Prasarana, secara bertahap kita sudah memulai untuk membangun kampus menuju kampus terpadu dan terintegrasi dan Modern, demikian juga sarana Teknologi Informasi (TI) dan media pembelajaran yang dipergunakan terus ditingkatkan.

Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., juga menjelaskan bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang selalu meningkatkan kinerja dosen dan mahasiswa di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta, luaran dalam bentuk jurnal terindeks scopus Universitas Muhammadiyah Palembang, memberikan insentif kepada dosen dan mahasiswanya, sesuai dengan kategori jurnal yang dihasilkan.

Sedangkan untuk menginternasionalisasi yang dilakukan universitas muhammadiyah Palembang antara lain adalah, saat ini ada beberapa mahasiswa asing yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Palembang, kemudian melakukan kerjasama internasional dengan beberapa Perguruan Tinggi Asing, serta memberikan kesempatan kepada Dosen dan mahasiswa untuk melakukan pemagangan atau kuliah praktek lapangan di beberapa negara asing.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.