um-palembang.ac.id

Rektor UMPalembang Hadiri Launching IKesT Muhammadiyah Palembang

um-palembang.ac.id – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., melaunching secara resmi Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang, pada hari Selasa 01 Desember 2020.

Perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) menjadi Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang (IKesT MP). Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 723/M/2020 tanggal 05 Agustus 2020 tentang Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang di Kota Palembang menjadi Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan.

um-palembang.ac.id

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua PW Muhammadiyah Sumsel Prof. Dr. Romli SA., M.Ag., Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Sc., Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., dan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumsel Dr. Akhmad Najib, S.H., M.Hum.

Dalam sambutanya, Heri Shatriadi Candra Putra, S.Pd., M.Kes., Rektor Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang mengatakan, Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang yang telah teakreditasi B dari BANPT dengan mempunyai 8 program Program Studi (DIII Keperawatan, DIII Kebidanan, DIII Kesehatan Lingkungan, DIII Fisoterapi, Profesi Ners, Sarjana Keperawatan, Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medik dan Sarjana Gizi. Dari ke delapan Program Studi tersebut ada Tiga Program Studi yang telah terakreditasi A dari LAMPTKes. Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang dengan adanya perubahan bentuk bertambah satu Program Studi yaitu Sarjana Sistim Informasi sehingga ada Sembilan Program Studi. IKesT MP saat ini memiliki jumlah jumlah Mahasiswa 1353 orang dan dosen berjumlah 70 orang, satu orang telah selesai jejang S3 dan 12 Dosen sedang melanjutkan studi S-3 (Dalam dan Luar Negeri).

um-palembang.ac.id

Karena Kejadian-kejadian penting yang dialami dijadikan sebagai sejarah perkembangan Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang (IKesT MP) untuk menuju cita-cita dan harapan para pendirinya agar berkembang menjadi perguruan Tinggi yang terkemuka di Level Asia yang dibuktikan dengan komitmen yang kuat dalam peningkatan penyediaan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM khususnya dalam bidang Ilmu Kesehatan dan Teknologi Kesehatan.

Ia melanjutkan, IKesT MP dalam menghadapi revolusi industri 4.0 terus melakukan peningkatan infrastruktur, peningkatan SDM dosen, penggunaan teknologi, penguatan jejaring kerja sama baik dengan sesama Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTM/A) maupun dengan perguruan tinggi lainnya diluar dan dalam negeri serta dunia usaha. Organisasi yang baik dan sehat juga dicirikan oleh adanya pemanfaatan bersama terhadap sumber daya yang dimilikinya (resource sharing) sehingga tercapai tingkat efisiensi yang tinggi yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan kemampuan bersaing antar perguruan tinggi.

Karena menurutnya, perkembangan perguruan tinggi memerlukan penataan kelembagaan yang mampu mengantisipasi dinamika tantangan daya saing ke depan. Proses dalam mengatasi tantangan daya saing dilandasi oleh adanya unggulan kompetitif dan inovatif yang melekat pada Kebijkan Mutu IKesT MP kedepan yang implementasinya melalui Rencana Strategis dan Rencana Induk Pengembangan dalam jangka Panjang. Keunggulan kompetitif di IKesT MP akan tumbuh dilandasi oleh baiknya kinerja Institusi dan kegiatan yang fokus dan terarah sehingga seluruh sumber daya yang ada dapat diarahkan untuk mencapai kemajuan yang yang cukup berarti.

Oleh karena itu, orientasi daya saing global, IKesT MP menekankan perlunya dukungan penguatan sistem inovasi, yakni melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diarahkan pada peningkatan kualitas dan kemanfaatannya melalui Sistim Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dikembangkan melalui standar yang tinggi di IKesT MP, serta peningkatan mutu yang relevan melalui kegiatan penelitian dan inovasi dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara luas dalam sistem pembangunan pusat-pusat keunggulan, pengembangan lembaga penelitian, sistem pengakuan terhadap hasil penemuan dan hak atas kekayaan intelektual, pengembangan dan penerapan standar mutu, peningkatan kualitas dan kuantitas SDM, serta peningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana.

Sehingga dalam merencanakan Rencana Strategis kedepan IKesT MP merencanakan akan membangun kampus baru yang berada sekitar 8 km dari Kampus saat ini. Dengan demikian tambahan infrastruktur yang dibutuhkan sesuai masterplan sebagaimana diarahkan pada kegiatan yang mewujudkan terjadinya percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi khususnya di Sumatera Selatan. Dalam hal ini peran serta pemerintah daerah serta masyarakat sangat penting dan relevan untuk bersinergi dan bekerjasama mengembangkan SDM melalui penyediaan akses pendidikan Tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik dan strategis pembangunan di daerah maupun pusat, dalam hal penyediaan tenaga Ilmu Kesehatan dan Tenaga Teknologi Kesehatan khususnya lulusan dari IKesT MP yang Islami, Berkemajuan dan Inovatif yang siap terjun dalam membantu menaikkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia dan khususnya di Sumaera Selatan.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.