Universitas Muhammadiyah Palembang dan LL Dikti Wilayah II Gelar Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Terindeks Sinta

um-palembang.ac.id – Universitas Muhammadiyah Palembang dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah II menggelar Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Terindeks SINTA.

Kegiatan workshop ini diikuti 34 orang pengelola Jurnal yang berasal dari perguruan tinggi swasta di Sumatera Selatan (Sumsel) dan ditambah 4 orang pengelola jurnal di Universitas Muhammadiyah Palembang.

um-palembang.ac.id

Workshop yang menghadirkan 2 narasumber, yakni Hamid Mukhlis, M.Psi (Universitas Aisyah Pringsewu), dan Sofwan Adiputra, M.Pd. (Universitas Muhammadiyah Pringsewu) dilaksanakan selama dua hari mulai 15-16 Maret 2021 di Aula Kantor Pusat Universitas Muhammadiyah Palembang.

Dalam sambutanya, Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Palembang mengucapkan terima kasih dengan ditunjuk Universitas Muhammadiyah Palembang sebagai tuan rumah dalam kegiatan workshop pendampingan dan percepatan akreditasi Jurnal Terindeks Sinta dalam rangka implementasi program kerja sama dengan LL Dikti Wilayah II.

um-palembang.ac.id

“Universitas Muhammadiyah Palembang siap membantu dan memfasilitasi dalam hal percepatan akademik yang menjadi program kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah II,” ungkapnya

Dikatakan Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., Universitas Muhammadiyah Palembang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Sumsel memiliki 35 jurnal ilmiah, (sudah OJS/Online Journal System).

“Selain itu terdapat 8 Jurnal sudah terindeks SINTA, diantaranya 4 Jurnal SINTA 4 dan 4 Jurnal SINTA 5,” ulasnya.

um-palembang.ac.id

Prof. Dr. Indawan Syahri, M.Pd., menjelaskan bahwa tujuan kegiatan Workshop ini bisa meningkatkan kemampuan pengelola jurnal dalam mengelola jurnal serta meningkatkan akreditasi jurnal di lingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang yang dapat berdampak pada penilaian akreditasi institusi dan program studi.

“Mari kita manfaatkan workshop ini sebagai ajang silaturahim antar pengelola jurnal, dan kita manfaatkan untuk saling tukar jurnal penelitian” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan LL Dikti Wilayah II Nurjanah, S.E., M.M., menjelaskan lembaga yang dipimpinnya ini membawahi empat wilayah masing-masing Sumsel, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung. LL Dikti Wilayah II mempunyai beberapa program kerja yang sangat strategis untuk meningkatkan dan mendokrak peningkatan kualitas perguruan tinggi.

“Untuk tahun ini fokus pada peningkatan kualitas dosen guna mendorong meningkatkan sumberdaya manusia, salah satunya menggelar workshop pendampingan dan percepatan akreditasi jurnal terindeks Sinta bagi perguruan tinggi di lingkungan LL Dikti Wilayah II” jelasnya.

Nurjanah, S.E., M.M., berharap melalui workshop ini dapat meningkatkan peringkat jurnal-jurnal yang ada di LL Dikti Wilayah II, sehingga dapat memudahkan dosen untuk publikasi di jurnal sendiri, karena selama ini publikasi jurnal di luar wilayah Sumbagsel.

Editor: Rianza Putra