um-palembang.ac.id

Universitas Muhammadiyah Palembang Fasilitasi Magang Mahasiswanya Hingga Ke Luar Negeri

Palembang, um-palembang.ac.id – Magang atau internship adalah sebuah kegiatan pelatihan kerja bagi para mahasiswa yang biasanya sedang menempuh semester akhir. Magang dilakukan agar mahasiswa belajar seperti apa kerja di lapangan dan mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari di kampus.

Agar lebih maksimal, biasanya mahasiswa akan memilih instansi atau perusahaan dengan posisi pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang digeluti agar cocok dengan latar belakang pendidikan dan lebih siap ketika ingin bekerja nantinya.

Universitas Muhammadiyah Palembang yang mempunyai misi “Menjadi universitas berstandar nasional dan menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi serta unggul dalam ipteks yang berbasis keislaman pada tahun 2022 menuju universitas berstandar internasional” memfasilitasi mahasiswanya untuk magang hingga ke luar negeri.

um-palembang.ac.id

Seperti yang dirasakan Kms. Syarif Hidayatullah, Saparyanto, dan Tri Sartika Asih mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang yang bertolak ke Bangkok pada akhir Juli 2019 lalu yang beruntung bisa menghabiskan waktu magang selama hampir satu bulan mulai 01 – 25 Agustus 2019 di KBRI Bangkok, Thailand.

Selanjutnya, Sartika, Rizky Dwi Utami, dan Sakeena Ihramia, kesemuanya dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang yang mengikuti program magang internasional di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Johor Bahru, Malaysia pada 02 – 29 September 2019.

Kemudian, M. Hafizh Dasuki, Alfat Mubaroq, Dea Meidiana Putri, dan Helen Monicha Putri, mengikuti program internship (magang) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia. Program magang ini dilaksanakan mulai 05 – 30 Agustus 2019.

um-palembang.ac.id

Kms. Syarif Hidayatullah mengungkapkan pengalamannya bahwa, program magang di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand ini adalah program yang memang tersedia di Universitas Muhammadiyah Palembang melalui Kantor Urusan Internasional (KUI).

Ia, Saparyanto, dan Tri Sartika Asih, ingin menggunakan masa-masa kuliah di Universitas Muhammadiyah Palembang dengan sesuatu yang berbeda, berguna, dan bisa membagi cerita kepada teman dan anak-cucu kelak.

Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menuturkan, program mahasiswa magang di luar negeri ini difasilitasi Kantor Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Palembang dengan berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Program magang internasional ini, diharapkan memberi manfaat positif bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang. Mahasiswa bisa menambah keterampilan mereka sebelum lulus, sehingga menjadi bekal mereka sebelum bekerja” ungkapnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.