umpalembang.ac.id

Universitas Muhammadiyah Palembang Gelar Pelatihan Bagi Calon Asesor Beban Kerja Dosen

Palembang, umpalembang.ac.id – Dalam rangka menjamin keteraturan dan ketertiban pelaksanaan tridharma perguruan tinggi di Universitas Muhammadiyah Palembang maka dipandang perlu dilakukan rekruitmen Asesor Beban Kerja Dosen yang nantinya dapat bertugas sebagai evaluator terhadap pelaksanaan beban kerja dosen dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi bagi seluruh dosen di Universitas Muhammadiyah Palembang.

 umpalembang.ac.id

Sebelum rekruitmen dilakukan maka dipandang perlu untuk memberikan pelatihan asesor kepada Dosen Universitas Muhammadiyah Palembang yang memenuhi kriteria sesuai dengan yang ditetapkan.

Yang menjadi narasumber dalam Pelatihan Calon Asesor Beban Kerja Dosen ini melibatkan narasumber yang berkompeten yaitu dari Dirjen Pengembangan Karier dan Kompetensi SDM Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, yaitu Prof. Dr. Caska, M.Si., Guru Besar pada Fakultas Kegurusan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Sabtu (22/6/2019).

Dalam sambutanya, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengatakan bahwa UMPalembang yang baru saja Milad ke-40, dalam rencana operasionalnya tahun 2014- 2019 salah satunya adalah pengembangan dan penguatan bidang sumber daya manusia (SDM).

“Universitas Muhammadiyah Palembang memberikan perhatian khusus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, sehingga memenuhi standar nasional pendidikan tinggi (SNPT) sebagaimana diamanatkan dalam peraturan menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi nomor 44 tahun 2015” ulasnya.

Bahkan Universitas Muhammadiyah Palembang saat ini sudah memilki 7 (tujuh) Fakultas dengan 31 program studi, memiliki 461 dosen dengan, 63 diantaranya berkualifikasi Doktor (S3) dan 46 orang saat ini sedang menempuh pendidikan strata tiga baik di dalam maupun di luar negeri.

Lebih lanjut Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menambahkan, dari 461 orang Dosen Universitas Muhammadiyah Palembang saat ini yang sudah tersertifikasi atau sudah menjadi dosen profesional sebanyak 181 orang dosen, angka ini relatif masih kecil di banding dengan jumlah dosen yang ada, untuk itu di masa mendatang dosen–dosen terutama dosen muda akan dipacu untuk memiliki sertifikat pendidik atau tersertifikasi di kementerian ristek dan pendidikan tinggi.

“Oleh karena itu kegiatan pelatihan calon asesor penilai Beban Kerja Dosen (BKD), yang dilaksanakan atas kerjasama antara Direktorat Karir dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kemenristek Dikti dengan Universitas Muhammadiyah Palembang sangatlah tepat, sehingga dimasa mendatang Beban Kerja Dosen di lingkungan UMPalembang dapat dinilai sepenuhnya oleh dosen –dosen di lingkungan UM Palembang sendiri” tambahnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.