umpalembang.ac.id

46 Dokter Baru Universitas Muhammadiyah Palembang Diambil Sumpah

Palembang, umpalembang.ac.id – Sebanyak 46 orang dokter baru lulusan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) diambil sumpah dan dilantik, bertempat di Aula Lantai 4 Gedung K.H. Ahmad Dahlan FK UMPalembang, Senin (28/10/2019).

Dengan Pengambilan Sumpah Dokter Periode II Tahun Akademik 2019/2020 tersebut, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang sudah meluluskan 328 dokter yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

umpalembang.ac.id

Turut hadir dalam pelantikan dokter tersebut, Wakil Rektor III UMPalembang Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., Dekan FK dr. Yanti Rosita, M.Kes., Badan Pembina Harian, dr. H. Pangestu Widodo, MARS., Direktur RS Muhammadiyah Palembang., dan Kepala L2Dikti Wilayah II Prof. Dr. Slamet Widodo, M.S.

Dalam sambutan mewakili wali mahasiswa, Prof. Drs. H. Marshal NG, S.H., M.H., P.hD., mengucapkan terima kasih kepada pengelola Fakultas Kedokteran. Karena setiap pimpinan dan staf merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam membangun mutu lulusan Fakultas Kedokteran UMPalembang.

“Atas dasar mereka juga anak-anak kami bisa dilantik menjadi seorang dokter. Kekompakan dan keikhlasan dalam memberikan ilmunya kepada anak-anak kami. Semoga semakin eksis dan maju sesuai dengan tantangan zaman” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama dr. Yanti Rosita, M.Kes., mengatakan bahwa pelantikan hari merupakan pelantikan dengan terbanyak sepanjang berdirinya Fakultas Kedokteran, dan sudah menghasilkan 328 alumni dengan tingkat kelulusan terus meningkat. Lulusan yang jumlahnya meningkat diperiode ini menjadi prestasi bagi para dokter juga bagi FK UMPalembang.

Ia melanjutkan, membangun kesehatan di Indonesia dengan 5 prioritas kesehatan. yaitu 1. Kematian ibu, 2. Tentang Stanting/kurang gizi, 3. Penyakit Tuberkulosis, 4. Penyakit tidak menular, 5. Imunisasi dasar. Permasalahan ini menjadi bagian tanggung jawab dokter yang baru dilantik.

“Kita dituntut untuk berusaha dan memposisikan diri untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Juga menjadi tujuan hidup kita sebagai dokter. Selamat atas pelantikan dokter ini. Bertugaslah sebagai dokter dengan selalu menekankan ilmu islam kemuhammadiyahan FK UMPalembang” ulasnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, M.P., menambahkan bahwa, FK merupakan Fakultas yang memiliki kekhususan sendiri baik dari sisi tata kelola maupun manajemen akademiknya. Karena tidak semua universitas diberi kesempatan untuk mengelola FK.

“Mari bekerja sesuai profesi, karena dokter yang dilantik sudah melewati pembelajaran yang bersifat paripurna. Pengabdian ini harus berpegang teguh dengan etika-etika ilmu kedokteran. Jadikan momentum ini untuk selalu meningkatkan rasa syukur karena untuk meraih predikat seoang tidaklah mudah banyak perjuangan yang dilewati baik dukungan orang tua maupun diri sendiri” tambahnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.