um-palembang.ac.id

BAN PT Lakukan Asesmen Lapangan Daring Kepada Prodi Akuakultur Universitas Muhammadiyah Palembang

um-palembang.ac.id – Dalam rangka pelaksanaan akreditasi tahun 2020, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan Assesmen Lapangan secara daring terhadap Program Studi (Prodi) Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang, Rabu – Kamis, 11 – 12 November 2020.

Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terdiri Prof. Dr. Ir. Sutrisno Anggoro, M.S., dari Universitas Diponegoro., dan Ir. Muhammad Iqbal Djawad, M.Sc., P.hD., dari Universitas Hasanudin Makassar.

IMG_0673

Keduanya disambut langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., Ketua Lembaga Penjamin Mutu Dr. Asvic Helida, S.Hut., M.Sc., Dekan Fakultas Pertanian Ir. Rosmiah, M,Si., Wakil Dekan, Ketua Program Studi dan dosen dilingkup Fakultas Pertaninan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengucapkan selamat datang di kampus hijau Universitas Muhammadiyah Palembang, “kendatipun kedatangan asesor hanya melalui dunia maya melalui media daring zoom, semoga saja tidak mengurangi makna dari silaturahim kita. Selanjutnya kita berharap Pandemi Virus Covid 19 ini segera berakhir sehingga kita dapat bertatap muka sesungguhnya di kampus Universitas Muhammadiyah Palembang” ujarnya.

Selanjutnya Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menyampaikan bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang saat ini memiliki 7 Fakultas dan satu Program Pascasarjana, dengan 33 program studi serta jumlah mahasiswa lebih kurang 11.000 mahasiswa. Program Studi Akuakultur merupakan salah satu program studi yang cukup di minati oleh mahasiswa. Sehingga banyak alumni dari program studi ini yang telah berkiprah tidak saja di Sumatera Selatan tetapi sudah menyebar di penjuru nusantara.

“Universitas Muhammadiyah Palembang peringkat Akreditasi institusi saat ini Peringkat “B” (Baik Sekali) dan 12 % program studi mendapatkan peringkat “A” (Unggul) dan 88 % program studi berpringkat “B“ (Baik Sekali)” ulasnya.

um-palembang.ac.id

Ia menjelaskan, dalam tiga bulan terakhir ini universitas muhammadiyah Palembang, sudah ada 7 (tujuh) program studi di lakukan asesmen lapangan oleh asesor BAN-PT secara virtual/daring, baik program studi yang melakukan re-akreditasi maupun akreditasi yang pertama. Dan program studi Pendidikan Akuakultur ini adalah program studi yang ke-8 yang dilakukan asesmen lapangan secara daring oleh asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan masih beberapa program studi yang masih menunggu penjadwalan untuk dilaksanakan asesmen lapangan dengan sembilan (9) kriteria.

“Kami patut bersyukur bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang selama pandemi Covid-19 aktivitas kegiatan perkuliahan tetap dapat berjalan dengan baik walaupun dilaksanakan secara daring demikian juga dengan pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi, jumlah penerimaan mahasiswa baru yang diterima tahun akademik 2020/2021 relatif stabil” jelasnya.

Diakhir sambutan, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., berharap semoga kegiatan visitasi dalam rangka akreditasi Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang dapat memberikan gambaran kepada asesor tentang kondisi Program Studi Akuakultur serta akhirnya akan mendapatkan hasil maksimal.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.