um-palembang.ac.id

Fakultas Kedokteran UMPalembang Berikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter

Palembang, um-palembang.ac.id – Keinginan menjadi seorang dokter merupakan impian banyak kalangan. Namun, biaya yang tinggi menjadi salah satu hal yang dapat mengubur cita cita seseorang menjadi dokter.

Hal tersebut kini tidak akan dirasakan oleh M. Avif Ababil, mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang), yang meraih Beasiswa Biaya Pendidikan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter tahun 2019.

Penyerahan SK Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang dan Penandatanganan Perjanjian tentang Penerima Beasiswa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Dokter atas nama M. Avif Ababil tersebut disaksikan oleh Wakil Dekan I FK dr. Liza Chairani, S.pA (K) dan Wakil Dekan III Trisnawati, S.Si., M.Kes., pada Kamis, 27 Februari 2020 yang lalu.

“Alhamdulillah saya mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Kedokteran UMPalembang yang telah memberikan beasiswa ini yang sangat membantu saya dalam menyelesaikan pendidikan di tahap Profesi Dokter. Saya akan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan ini dan akan berupaya memajukan dakwah Muhammadiyah dibidang Kesehatan,” ungkap M. Avif Ababil.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan III FK UMPalembang Trisnawati, S.Si., M.Kes., menuturkan, penerimaan beasiswa ini menjalani beberapa tahapan seleksi yang sangat ketat diantaranya, diprioritaskan anak yatim piatu dan penghasilan ekonomi orang tua yang rendah, dan memiliki IPK diatas 3.00.

“Setelah menjadi dokter penerima beasiswa ini diwajibkan mengabdi pada pusat kesehatan umat Muhammadiyah se Indonesia. Selain untuk pengabdian juga salah satu upaya untuk pemerataan tenaga kesehatan khususnya dokter di semua PKU Muhammadiyah. Saat menjadi dokter di PKU Muhammadiyah yang bresangkutan tetap mendapatkan insentif/honor sesuai dengan ketentuan yang berlaku” jelasnya.

Ia menambahkan, beasiswa mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang bagi mahasiswa FK tahun ini masuk tahun ketiga. Tahun pertama, belum ada mahasiswa yg ikut seleksi, dan tahun 2018 diberikan kepada M. Alfredo Ilyassa.

“Beasiswa ini menjadi bagian menciptakan tenaga medis kesehatan pelayanan Muhammadiyah, karena lulusan dokter FK Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki tanggung jawab bersama dalam meningkatkan eksistensi pelayanan kesehatan Muhammadiyah” tambahnya.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.