Penuhi SKPI, FEB Universitas Muhammadiyah Palembang Gelar Pelatihan Job Analysis

um-palembang.ac.id – Dalam rangka memenuhi kompetensi di Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi lulusannya, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar Pelatihan Job Analysis, pada Rabu (22/6/2022).

Pelatihan Job Analysis tersebut, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang menggandeng PT. Pegadaian Area Palembang dengan narasumber Mohamad Ihsan Palaloi Deputi Operational PT. Pegadaian Kanwil III Palembang, Nur Azizah Kepala Departemen Sumber Daya Manusia PT. Pegadaian Kanwil III Palembang, Yun Oliandri Kepala Departemen Gadai PT. Pegadaian Area Palembang, dan Kusdi Kepala Departemen Business Support PT. Pegadaian Kanwil III Palembang.

Kegiatan yang digelar di Aula Lantai 7 Gedung KH. Faqih Usman Universitas Muhammadiyah Palembang yang dibuka secara resmi Dekan FEB Universitas Muhammadiyah Palembang Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., dan turut dihadiri Tun Imanuddin Deputi Bisnis PT. Pegadaian Area Palembang.

Dr. Zaleha Trihandayani, S.E., M.Si., Ketua SKPI FEB Universitas Muhammadiyah Palembang mengatakan bahwa Pelatihan Job Analysis ini diikuti 122 mahasiswa Konsentrasi SDM yang bertujuan membekali mahasiswa memiliki kompetensi yang lebih, tidak hanya memiliki ijazah tetapi juga memiliki SKPI dengan beberapa kompetensi yang dimiliki.

Dirinya menjelaskan bahwa Pelatihan Job Analysis ini bertujuan agar mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Palembang ketika lulus perkuliahan akan mendapatkan SKPI. Dimana SKPI ini akan menerangkan kompetensi yang dimiliki lulusan FEB Universitas Muhammadiyah Palembang.

“Pelaksanaan pemenuhan SKPI digelar setiap tahun sesuai bidang keilmuan, dan pelatihan job analysis ini menjadi bagian pemenuhan 6 SKPI di FEB Universitas Muhammadiyah Palembang” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., menuturkan bahwa untuk menghadapi tuntutan dunia kerja, lulusan FEB Universitas Muhammadiyah Palembang akan siap dengan adanya SKPI.

SKPI yang akan didapat lulusan FEB Universitas Muhammadiyah Palembang berupa kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini, termasuk salah satunya job analysis.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT. Pegadaian atas kesediaanya dalam memberikan keilmuan job analysis bagi pemenuhan SKPI mahasiswa FEB UM Palembang, dan dapat terus bekerjasama dengan PT Pegadaian dibidang magang, dan bidang lain” tuturnya.

Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., mengharapkan mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Palembang mengikuti pelatihan job analysis karena secara teori mahasiswa sudah pernah mengikuti tetapi secara praktik belum mengikuti, oleh karena itu melalui PT Pegadaian keilmuan tersebut akan didapatkan.

Mengingat saat ini juga perguruan tinggi di pulau Jawa sudah ada yang memenuhi 12 SKPI bagi lulusannya, tetapi FEB Universitas Muhammadiyah Palembang baru 6 SKPI, diharapkan ditahun depan dapat segera memenuhi SKPI yang lebih banyak bagi lulusannya.

Editor: Rianza Putra