um-palembang.ac.id

Peserta Antusias Ikuti Webinar “Cara Cerdas Memilih Jurusan” Bersama Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang

Palembang, um-palembang.ac.id – Bekerjasama dengan Harian Sumeks, Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar yang Webinar bertemakan “Cara Cerdas Memilih Jurusan” Kenali Dirimu dan Tentukan Tujuanmu melalui media daring Zoom, pada Senin (15/6) sore.

Webinar ini pun menjadi pembahasan yang menarik bagi siswa/siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumatera Selatan karena langsung menghadirkan Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E. M.M., sebagai narasumber utama, sehingga banyak siswa yang antusias bertanya kepada narasumber.

Dalam materinya Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menjelaskan bahwa perguruan tinggi yang baik adalah memiliki legalitas/dasar hukum yang diakui oleh negara, terakreditasi dilembaga AKreditasi nasional maupun internasional, ketersediaan SDM yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku, memiliki sarana prasarana, ketersedian beasiswa, dan lokasi kampus yang strategis.

um-palembang.ac.id

Ia melanjutkan, untuk memilih jurusan atau program studi yang baik, siswa harus memahami potensi diri, kenali passion yang dimiliki, lihat peluang kerja, dan sesuaikan dengan ketersediaan biaya kuliah.

“Sebaiknya sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan sesuai dengan kemampuan, alangkah baiknya jika jurusan yang diambil didasari dari kemampuan diri sendiri. Dengan begitu aktivitas kuliah yang nantinya akan diambil tidak memberatkan” jelasnya.

Doktor Ilmu Ekonomi ini juga menambahkan, modal utama lainnya ialah passion karena passion yang dimiliki harus kuat, bahkan menjadi salah satu hobi. Kalau passion sudah mengalahkan segalanya, belajar pun juga akan berjalan penuh dengan kegembiraan.

“Lihat peluang kerja dijurusan yang akan diambil, perucma jika mengambil yang terlihat keren tapi peluang kerjanya sangat rendah. Lihat alumni dari jurusan yang akan kamu ambil agar tahu jenis pekerjaan apa saja yang bisa dimasuki” ulasnya.

Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menambahkan, saat ini Universitas Muhammadiyah Palembang memiliki keunggulan dengan akreditasi Sangat Baik (B), dengan beberapa jurusan (Prodi) sudah terakreditasi A dan B. Selain itu memiliki dosen dan tenaga kependidikan yang sangat baik, memiliki sarana prasarana berkualitas, memiliki jaringan yang luas, alumni dibekali IPTEK dan IMTAQ, memiliki lembaga CDC, serta banyak tersedia berbagai beasiswa baik dari pemerintah, BUMN/BUMD, dan beasiswa mahasiswa yang berprestasi dari Universitas Muhammadiyah Palembang.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.