Wakil Bupati Ajak Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Palembang Sukseskan Program Pemkab Ogan Ilir

um-palembang.ac.id – Wakil Bupati Ogan Ilir mengajak ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang untuk membantu mensukseskan program pemerintah kabupaten (Pemkab) yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Ogan Ilir Ardani. S.H., M.H., saat acara serah terima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Muhammadiyah Palembang kepada Pemkab Ogan Ilir yang digelar Pendopo Bupati Tanjung Senai Pemkab Ogan Ilir, Rabu (20/7/2022).

Sebanyak 543 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang dimaksud melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kecamatan Indralaya Selatan, Tanjung Batu, dan Payaraman selama kurang satu bulan setengah.

“Saya mengucapkan terimakasih apresiasi setinggi-tingginya kepada Universitas Muhammadiyah Palembang yang berkenan untuk bersama-sama mensukseskan program membangun Kabupaten Ogan Ilir,” ungkap Wakil Bupati.

Dihadapan para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang yang akan melaksanakan KKN, Wakil Bupati Ogan Ilir turut menceritakan tantangan dan potensi yang dimiliki Kabupaten Ogan Ilir.

Disampaikannya, beberapa tantangan yang dihadapi Kabupaten Ogan Ilir seperti halnya masih tingginya angka kemiskinan, stunting, BUMDes, pernikahan dini, hingga putus sekolah, dan sebagainya.

Ia berharap, kehadiran mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Palembang harus mampu menjadi solusi persoalan-persoalan yang dihadapi di masyarakat. “Adik-adik ini berasal dari berbagai jurusan fakultas, diharapkan membantu memberikan solusi. Bagaimana bersinergi dengan masyarakat, dalam mengaplikasikan terkait dengan banyak hal,” terang Wakil Bupati.

Wakil Bupati Ogan Ilir yang akrab disapa H. Ardani ini berharap ada inovasi yang dihasilkan di masing masing kelompok KKN Universitas Muhammadiyah Palembang yang ada di desa-desa. Termasuk bisa membantu untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di desa.

Melalui KKN, terang Wakil Bupati, para mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Palembang yang sudah mendapatkan ilmu teori di kampus, bisa mengamalkan ilmu yang sudah diperoleh di tengah masyarakat.

“Ilmu-ilmu yang didapatkan selama perkuliahan untuk menganalisa permasalahan dan tentunya memberi solusi terhadap masalah yang dihadapi desa tersebut,” jelasnya.

Selama satu bulan setengah nanti tentu akan banyak hal yang nanti disumbangsihkan diberikan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang ketika terjun ke lapangan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S E., M.M., Wakil Rektor III Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiru, M.P., Wakil Rektor IV Dr. Antoni, M.H.I., Dekan Fakultas Hukum Dr. Nur Husni Emilson, S.H., M.H., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Yudham Mahrom, S.E., M.Si., Wakil Dekan 3 Fakultas Pertanian Dr. Ir. Alhanannasir, M.P., dan Kepala LPPM Dr. Ir. Gusmiatun, M.P., serta Kepala OPD dilingkungan Pemkab Ogan Ilir.

Editor: Rianza Putra